Jemaat Gereja di Batam Tertular Covid saat Persiapan Ibadah Online

Jemaat Gereja di Batam Tertular Covid saat Persiapan Ibadah Online

Ilustrasi.

Batam - Pemko Batam mengumumkan 13 pasien positif terbaru. Mereka terkonfirmasi positif Covid-19. Saat ini, terdata di Batam total secara kumulatif mencapai 109 kasus. Tambahan 13 pasien terbaru ini terdiri dari lima perempuan dan 8 laki-laki.

Dua jemaat salah satu gereja di Batam, termasuk dalam kasus baru yang diumumkan hari ini. Keduanya yakni kasus 102 dan kasus 108.

Kasus 102, RAM; Laki-laki (41 tahun), Warga Perumahan Kavling Senjulung, Kabil, Kecamatan Nongsa

Kasus 108,  SS; wanita (52 tahun), Warga Purimas Batam Centre, Kelurahan Sei Panas, Kecamatan Batam Kota Kota.

Keduanya close contact dengan temannya sesama jemaat terkonfirmasi corona yakni Kasus 49 dan pendetanya yang merupakan kasus 82. Mereka kontak saat pertemuan dalam rangka persiapan ibadah online.

Menindaklanjuti hasil tracing terhadap kasus 49 dan 82 tersebut sebelumnya dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan pada tanggal 23 Mei 2020 lalu terhadap sejumlah orang. Keduanya dinyatakan positif hari ini.

"Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti," kata Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19, HM Rudi, Rabu (27/5/2020).

Balita meninggal dan satu keluarga tertular

 

Sementara itu, kasus lain yakni BDS seorang balita berusia 1,3 tahun. Ia merupakan warga Perumahan Kampung Seraya, Kelurahan Seraya, Kecamatan Batu Ampar. BDS tercatat sebagai Kasus 98, balita tersebut sudah dinyatakan meninggal dunia.

Baca juga: Sempat Kejang-kejang, Balita di Seraya Meninggal Terkonfirmasi Corona

Kemudian ada juga kasus sejumlah pasien lainnya terkonfirmasi berkaitan dengan seorang pasien PDP yang meninggal bernama Ian Alexander.

Mereka yakni keluarga yang tinggal di kawasan Palm Spring, Kelurahan Teluk Tering, Batam Kota. Sehubungan dengan meninggalnya Ian, dilakukan pemeriksaan rapid test dan swab kepada seluruh anggota keluarga yang tinggal di rumah tersebut.

Kemudian pada tanggal 23 Mei 2020 yang bersangkutan dilakukan pengambilan swab tenggorokan yang hasilnya telah diketahui pada hari ini. Ada 6 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19, mereka adalah kasus baru nomor 101, 103, 104, 105, 106 dan 109.

Baca juga: 6 Orang Sekeluarga di Palm Spring Tertular dari PDP yang Meninggal

 

Kasus Lainnya yakni Kasus 97, 99, 100 dan 107

 

KASUS 97 - Seorang laki-laki berinisial “An.YPDP” usia 22 Tahun, Swasta, beralamat di kawasan perumahan Bengkong Kolam Kelurahan Sadai Kecamatan Bengkong Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 97 Kota Batam.

Yang bersangkutan pada tanggal 14 Mei 2020 pernah berbincang-bincang selama lebih kurang 2 (dua) jam dengan temannya yang merupakan kasus terkonfirmasi positif Nomor. “75” (IBS) yang saat ini sedang dalam masa perawatan isolasi di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang.

Berdasarkan hasil penyelidikan epidemiologi (PE) dan tracing yang dilakukan, maka pada tanggal 20 Mei 2020 dilakukan RDT kepada yang bersangkutan dengan hasil “Non Reaktif” dan selanjutnya pada tanggal 22 Mei 2020 dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan, yang hasilnya diperoleh pada hari ini dengan kesimpulan terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini dalam persiapan proses perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam


 

KASUS 99 Seorang laki-laki berinisial “Tn.G” usia 64 Tahun, Swasta, beralamat di kawasan perumahan kavling Bakau serip Kelurahan Sambau Kecamatan Nongsa Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 99 Kota Batam.

Yang bersangkutan pada tanggal 22 Mei 2020 memeriksakan dirinya ke salah satu rumah sakit di kawasan Seraya Lubuk Baja Kota Batam dengan keluhan mengalami demam serta batuk selama dua hari dan memiliki riwayat penyakit TB yang sudah putus obat sejak januari 2020.

Sehubungan dengan riwayat penyakitnya tersebut dilakukanlah perawatan di ruang isolasi dan dilanjutkan pemeriksaan RDT dengan hasil “Non

Reaktif”. Kemudian pada keesokan harinya tanggal 23 Mei 2020 dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya diketahui pada hari ini dengan Terkonfirmasi “Positif”

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan cukup stabil dan saat ini masih dalam perawatan isolasi di rumah sakit tempatnya berobat.

 

KASUS 100 - Seorang laki-laki berinisial “Tn.LAS” usia 34 Tahun, Swasta, beralamat di kawasan perumahan Sukajadi Kelurahan Sukajadi Kecamatan Batam Kota Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor.

Yang bersangkutan pada tanggal 13 Mei 2020 memeriksakan dirinya ke Puskesmas Baloi Permai karena sebelumnya mengalami keluhan batuk lebih kurang selama sepuluh hari, dan selanjutnya dilakukan pemeriksaan RDT dengan hasil “Non Reaktif”.

Kepada yang bersangkutan diberikan obat dan diedukasi untuk isolasi mandiri di rumah serta dianjurkan datang kembali ke puskesmas pada tanggal 22 Mei 2020 untuk pemeriksaan RDT yang kedua dengan hasil diperoleh kembali “Non Reaktif”.

Selanjutnya pada tanggal 23 Mei 2020 dilakukan pengambilan swab tenggorakan di RSE-BK yang hasilnya diperoleh pada hari ini dengan terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini dalam proses persiapan perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.

 

KASUS 107 - RP; Laki-laki (30 tahun), PNS instansi vertikal, Warga GMP Sei Pancur, Tanjungpiayu, Sei Beduk.

Yang bersangkutan pada tanggal 12 Mei 2020 melakukan RDT dengan hasil “Non Reaktif”, kemudian pada tanggal 20 Mei 2020 merasa sedikit demam sehingga pada tanggal 22 Mei 2020 kembali melakukan pemeriksaan RDT dengan hasil “Non Reaktif”.

Mengingat yang bersangkutan pernah merasa demam dan untuk memastikan kesehatannya maka pada keesokan harinya tanggal 23 Mei 2020 dilakukan pemeriksaan pengambilan swab tenggorokan yang hasilnya diketahui pada hari ini dengan Terkonfirmasi “Positif”

Sejauh ini kondisi yang dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini masih dalam perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.

(fox)