Hasil Penelitian Sebut Corona Tak Menular Setelah 11 Hari

Hasil Penelitian Sebut Corona Tak Menular Setelah 11 Hari

Penanganan kasus virus Corona di Kota Wuhan. (Foto: istimewa)

Singapura - Penelitian terbaru menemukan pasien virus corona Covid-19 tidak bisa menginfeksi orang lain setelah 11 hari sakit meskipun hasil tes medisnnya tetepa positif.

Para ilmuwan di Singapura menemukan bahwa orang dengan virus corona Covid-19 mampu menularkan virusnya sekitar 2 hari sebelum mengalami gejalanya.

Kemudian, pasien virus corona Covid-19 bisa menularkan bug selama 7 hingga 10 hari setelah mereka mulai merasakan kesakitan.

Tetapi, para ahli menemukan bahwa virus corona Covid-19 ini tidak bisa diisolasi atau dikultur setelah 11 hari.

Para ilmuwan dari Pusat Penyakit Menular Nasional Singapura dan Akademi Kedokteran telah mempelajari 73 orang yang menderita Covid-19.

Pasien virus corona Covid-19 yang masih menunjukkan gejala setelah 14 hari bisa mengalami penyakit pernapasan yang tidak bisa ditularkan ke orang lain.

"Berdasarkan pada akumulasi data sejak terjadinya pandemi Covid-19, periode infeksi pada individu yang bergejala bisa dimulai sekitar 2 hari sebelum timbulnya gejala dan bertahan selama 7 hingga 10 hari," jelas para peneliti dikutip dari The Sun.

Harapannya, penelitian ini bisa membantu para dokter mencari tahu waktu yang tepat untuk memulangkan pasien virus corona Covid-19.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews