Penerima BLT Kriteria 4 di Bintan Langsung Terima Rp 1,8 Juta

Penerima BLT Kriteria 4 di Bintan Langsung Terima Rp 1,8 Juta

Penyerahan BLT tahap pertama di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. (Foto: Ari/batamnews)

Bintan - Dinas Sosial (Dinsos) Bintan berupaya menyelesaikan verifikasi data penerima kriteria ke-4 bantuan sosial (bansos) Covid-19 berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) Daerah.

Kepala Dinsos Bintan, Edi Yusri mengatakan BLT dibagikan dalam 2 tahap. Diantaranya tahap pertama itu dikhususkan untuk 3 kriteria yang berjumlah 39.237 Kepala Keluarga (KK), sedangkan kriteria ke-4 ada sebanyak 3.278 KK namun belum mendapatkan BLT baik di tahap pertama maupun kedua.

"Setiap kriteria akan mendapatkan Rp 1,8 juta yang diberikan dalam 2 tahap. Untuk tahap pertama ada 3 kriteria sudah terima Rp 1,2 juta sisanya Rp 600 ribu diberikan bulan ini. Sedangkan kriteria ke 4 belum dapat sama sekali," ujar Edi, Senin (25/5/2020).

4 kriteria yang mendapat BLT antara lain dari Pusat sebanyak 4.483 KK dan kriteria PKH sebanyak 4.679 KK. Kedua kriteria ini  telah menerima Rp 200 ribu dari pusat sehingga daerah hanya membantu atau mensubsidi Rp 400 ribu per bulan dari APBD.

Kemudian kriteria ke-3 adalah penerima murni BLT Daerah sebanyak 26.797 KK begitu juga kriteria ke-4 yang sama-sama dari daerah namun belum mendapatkan sama sekali. Mereka dari kalangan data yang tidak terverifikasi sebelumnya sebanyak 3.278 KK. 

"Jadi penerima kriteria ke-4 ini segera diselesaikan verifikasinya. Nanti mereka akan terima di bulan ini juga namun sekaligus Rp 1,8 juta," jelasnya.

Dijelaskan Edi, warga yang masuk dalam kriteria ke 4 ini dikarenakan ada sejumlah data yang bermasalah, salah satunya karena NIK-nya ganda, tidak terbaca atau kosong ataupun NIK-nya tidak sama.

Diharapkan penerima bantuan yang datanya masih diverifikasi untuk bersabar dan memberikan dukungan penuh agar bisa segera selesai.

"Sampai saat ini kami masih mengejar proses verifikasi data itu, supaya bisa segera menyalurkan bantuan kepada masyarakat," ucapnya. 

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews