Lima Juta Orang di Seluruh Dunia Terinfeksi Corona

Lima Juta Orang di Seluruh Dunia Terinfeksi Corona

Ilustrasi.

Batam - Pandemi Corona atau Covid-19 telah menyebar hampir ke seluruh dunia. Pekan ini, virus tersebut telah menginfeksi lima juta lebih manusia.

Dilansir Jerusalem Post, dengan Amerika Latin menyusul Amerika Serikat dan Eropa dalam sepekan terakhir untuk melaporkan porsi terbesar dari kasus harian baru secara global.

Hal ini merupakan fase baru dalam penyebaran virus, yang awalnya memuncak di Cina pada Februari, sebelum wabah skala besar terjadi di Eropa dan Amerika Serikat.

Amerika Latin menyumbang sekitar sepertiga dari 91.000 kasus yang dilaporkan awal pekan ini. Eropa dan Amerika Serikat masing-masing menyumbang lebih dari 20 persen.

Sejumlah besar kasus baru datang dari Brasil, yang baru-baru ini melampaui Jerman, Prancis, dan Inggris menjadi wabah terbesar ketiga di dunia, di belakang Amerika Serikat dan Rusia.

Kasus-kasus di Brasil kini meningkat setiap hari setelah Amerika Serikat.

Persebaran virus ini hanya butuh waktu empat bulan untuk mencapai jutaan kasus sejak 41 kasus pertama virus corona dikonfirmasi di Wuhan, Cina, pada 10 Januari. Sejak itu, sekitar 1 juta kasus baru dilaporkan setiap dua minggu, menurut penghitungan Reuters.

Pada lebih dari 5 juta kasus, virus ini telah menginfeksi lebih banyak orang dalam waktu di bawah enam bulan dari total tahunan kasus flu parah, yang diperkirakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia adalah sekitar 3 juta hingga 5 juta secara global.

Pandemi telah merenggut lebih dari 326.000 jiwa, meskipun jumlah sebenarnya diperkirakan lebih tinggi karena tes masih terbatas dan banyak negara tidak termasuk kematian di luar rumah sakit. Lebih dari setengah dari total kematian telah dicatat di Eropa.

Terlepas dari peningkatan kasus yang terus-menerus, banyak negara membuka sekolah dan tempat kerja setelah berminggu-minggu lockdown untuk menghambat penyebaran.

Pasar keuangan juga sedikit terdongkrak dengan menjanjikan hasil awal dari uji coba vaksin A.S. pertama pada manusia.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews