TKI dari Negara Jiran Dipulangkan Lewat Satu Pintu Via Batam

TKI dari Negara Jiran Dipulangkan Lewat Satu Pintu Via Batam

Rapat online Pemkab Karimun terkait pemulangan TKI dari negara jiran. (Foto: Edo/Batamnews)

Karimun - Para pekerja migran Indonesia dari Malaysia dan Singapura akan dipulangkan ke Indonesia lewat satu pintu, yakni via Batam.

Pasca darurat Covid-19, para TKI di negara-negara jiran kembali ke tanah air melalui sejumlah pelabuhan di Kepri, salah satunya Pelabuhan Tanjungbalai Karimun.

Sekda Karimun, M Firmansyah mengatakan pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat dalam hal pemulangan ini

Rapat online digelar melibatkan stakeholder terkait di daerah dan pusat.

"Diputuskan tadi secara bersama, bahwa pemulangan WNI baik dari Malaysia atau Singapura, itu dilakukan satu pintu, yaitu melalui Batam," ujar Firmansyah.

Sebelumnya para pekerja migran menjadikan Karimun lokasi transit. Namun Pemkab Karimun ikut kewalahan dengan keterbatasan sarana dan prasarana terkait antisipasi Covid-19.

"Instruksi presiden ketat untuk WNI yang pulang. Mengacu pada surat edaran gugus tugas dan Menhub harus dilakukan PCR. Jadi, nanti yang pulang akan langsung dilakukan PCR di Batam," kata Firman.

Sementara itu, mulai hari ini, feri dari Malayaia dan Singapura tujuan Karimun dikatakan Firman tidak melayani penumpang.

"Jalur Internasional dihentikan atau ditutup sementara," ujar Firman.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews