Pengiriman Farmasi Dongkrak Pertumbuhan Ekspor Singapura 9,7 Persen

Pengiriman Farmasi Dongkrak Pertumbuhan Ekspor Singapura 9,7 Persen

Ilustrasi.

Singapura - Ekspor domestik non-minyak Singapura atau NODX mengalami pertumbuhan 9,7 persen di bulan April lalu. Namun angka itu menurun dari pertumbuhan 17,6 persen yang terlihat di bulan Maret, menurut data resmi yang dirilis Senin (18/5/2020).

Channel News Asia melaporkan pertumbuhan ekspor domenstik itu mengalahkan ekspektasi yang memperkirakan penurunan ekspor sebesar 5 persen.

Ekspansi April sebagian besar disebabkan oleh obat-obatan, yang tumbuh dari basis rendah tahun lalu, sementara elektronik menurun.

Pada basis bulan ke bulan yang disesuaikan secara musiman, NODX turun 5,8 persen pada April, pembalikan dari ekspansi 12,8 persen bulan sebelumnya.

Selain dari obat-obatan, yang melihat lonjakan 174,3 persen dari tahun lalu, ekspor persiapan makanan dan emas non-moneter juga merupakan kontributor utama pertumbuhan NODX non-elektronik.

Untuk elektronik, pengiriman komputer pribadi turun 44,3 persen, diikuti oleh disk drive 32,9 persen dan dioda dan transistor, yang tergelincir 13,2 persen.

Total perdagangan menurun sepanjang tahun di bulan April - penurunan 12,8 persen, penurunan lebih lanjut dari penurunan 0,2 persen di bulan Maret.

Total ekspor turun 12,7 persen, mirip dengan penurunan impor 13 persen.

Pengiriman ke 10 pasar teratas Singapura tumbuh pada bulan April, meskipun ekspor ke Cina, Hong Kong, Malaysia, Indonesia dan Thailand menurun; pertumbuhan terutama disebabkan oleh AS, Uni Eropa dan Jepang.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews