E-Commerce Sayur Online Optimalkan Kiprah Petani Lokal Batam

E-Commerce Sayur Online Optimalkan Kiprah Petani Lokal Batam

Staf Pasar Sayur Online mengemas buah-buahan pesanan konsumen. (Foto: ist)

Batam - Pandemi Covid-19 membuat manusia harus berdamai dengan kenyataan dengan menjalani kehidupan 'new normal'. Pola hidup bagi sebagian orang berubah dari konvensional ke online atau daring.

Tak terkecuali dalam konteks ekonomi, khususnya pemenuhan kebutuhan pokok. Pasar produk pangan mulai berubah sejak pandemi ini mulai masuk Indonesia.

Hal ini disikapi dengan munculnya sejumlah e-commerce yang khusus memasarkan produk kebutuhan pokok, khususnya sayur.

Nurul Syafitri adalah salah satu orang yang tanggap terhadap fenomena ini. Bersama dengan Ammar Satria dan Putra Siregar, dia menggagas dan merealisasikan sebuah e-commerce bernama pasarsayuronline.com di Batam, Kepulauan Riau.

Bagi Nurul, mengembangkan pasarsayuronline.com ini tak hanya sekadar meraup keuntungan semata. Ada misi tertentu yang mereka usung bertiga, yakni menjaga ketahanan pangan di Batam. 

Walaupun Batam belum mencapai krisis pangan, namun harus mempersiapkan diri untuk menghadapi hal tersebut apalagi ketika sekarang sudah ada kelangkaan untuk beberapa komoditas atau kelangkaan pangan.

"Mungkin dengan hadirnya pasarsayuronline.com, masyarakat akan semakin sadar akan perilaku mereka terhadap bahan pangan dasar, misalnya dengan meminimalisir food waste, mempelajari cara-cara untuk menyimpan makanan, hingga mendukung petani lokal dengan membeli bahan-bahan sayur-sayuran dari mereka," kata Nurul dalam perbincangan dengan Batamnews, Sabtu (16/5/2020).

Tak hanya mendukung penjualan hasil panen petani lokal, Pasar Sayur Online juga turut menghadirkan bibit-bibit tanaman yang tidak dihasilkan di Batam, seperti sayuran dan buah-buahan dan bekerjasama dengan petani lokal untuk membudidayakannya. 

"Kota Batam tidak menghasilkan buah-buahan dan sayur-sayuran, kami berusaha untuk bekerjasama dengan petani lokal dan menyiapkan bibit-bibit sayur terbaik untuk ditanam," ujar Nurul.

Selain itu, pasarsayuronline.com juga mengedepankan harga yang murah dan terjangkau, mengingat komoditas ini langsung diambil dari petani. 

Untuk berbelanja di Pasar Sayur Online, cukup mengunjungi website pasarsayuronline.com atau mengunduh aplikasinya melalui Google Play Store.

"Selain berbelanja, pelanggan juga berkesempatan mendapatkan THR Online dari salah satu founder yakni Putra Siregar, ada puluhan juta rupiah yang sudah disiapkan," jelasnya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews