5 Cara Atasi Kantong Mata Karena Kurang Tidur Saat Puasa

5 Cara Atasi Kantong Mata Karena Kurang Tidur Saat Puasa

Ilustrasi

Jakarta - Semakin bertambah tua, munculnya kantung mata bukanlah hal yang aneh lagi. Jaringan di sekitar mata, termasuk beberapa otot yang menyokong kelopak mata melemah seiring kita menua, membuat lemak berpindah ke kelopak bawah, membuatnya terlihat bengkak.

Ada berbagai penyebab munculnya kantung mata, yakni retensi cairan khususnya setelah bangun tidur atau makan makanan asin, alergi, merokok, keturunan, dan juga kurang tidur. Pada Ramadhan ini, mungkin kamu jadi akan menjadi kurang tidur karena jadwal yang berubah.

Tak perlu khawatir, ada beberapa cara untuk mengatasi si kantung mata membandel, seperti dikutip dari Web MD.

1. Kurangi asupan garam

Mengurangi asupan garam dapat membuatmu berisiko alami retensi cairan dan membuatnya mengarah ke bagian-bagian tubuh yang memiliki kandungan sodium lebih banyak. Saat berbuka puasa maupun sahur, usahakan mengurangi makanan yang mengandung banyak garam.

2. Ubah posisi tidur

Tidur menyamping atau tengkurap bisa menambah ketebalan kantung mata. Hal ini disebabkan gravitasi membuat cairan berkumpul di bawah mata, yang membuatnya bengkak. Kamu bisa mencoba tidur telentang dan menambahkan bantal ekstra di bawah kepalamu.

3. Cuci wajah sebelum tidur

Baik pria maupun wanita, sangat penting untuk mencuci wajah hingga bersih sebelum tidur. Khususnya pada wanita yang mengenakan riasan, hapus sampai bersih karena bisa membuat mata berair dan menyebabkan kantung mata di pagi hari.

4. Lindungi mata dari sinar matahari

Saat berpuasa mungkin beberapa dari kita lebih memilih berada di dalam ruangan. Akan tetapi saat kita keluar dan matahari sedang terik-teriknya, bisa membuat kulit di sekitar mata melorot atau keriput. Kamu bisa menggunakan tabir surya, kacamata hitam atau topi untuk melindungi wajah dari sinar matahari yang jahat.

5. Berhenti merokok

Merokok adalah salah satu alasan lain yang bisa menyebabkan kulit kering dan membuatnya kendor. Mumpung bulan puasa, tidak ada salahnya kamu mencoba berhenti merokok dan kantung mata bisa menghilang secara perlahan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews