Dua Pasien Positif Covid-19 dari Klaster Bengkong Dirujuk ke RS Galang

Wali Kota Batam, HM Rudi. (Foto: MCB)

Batam - Jumlah pasien terkonfirmasi positif corona virus disease (Covid-19) Kota Batam bertambah tiga orang. Dua di antaranya merupakan pengembangan klaster DD, pasien positif 35 yang bertempat tinggal di Bengkong Sadai.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Batam HM Rudi mengatakan dua pasien positif dari klaster Bengkong ini dirujuk ke RS khusus infeksi di Pulau Galang.

“Untuk dua orang yang dari Bengkong akan kita rujuk ke RS Galang. Mereka pasien nomor 52 dan 53,” kata Rudi, Jumat (15/5/2020).

Pasien nomor 52 merupakan ibu rumah tangga berusia 41 tahun, warga Bengkong Sadai.

“Yang bersangkutan melakukan pemeriksaan RDT pada tanggal 2 Mei 2020, karena pernah kontak dengan pasien nomor 35 (Klaster DD),” jelas Rudi. 

Hasil pemeriksaan RDT yang bersangkutan dinyatakan non reaktif. Lalu dilanjutkan lagi pemeriksaan RDT pada tanggal 12 Mei 2020 dengan hasil reaktif.

Kemudian diarahkan untuk menjalani karantina mandiri. Setelah itu pada kesempatan yang sama dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan kepada yang bersangkutan dan hasilnya terkonfirmasi positif. 

Sementara pasien 53 merupakan pria berusia 32 tahun, guru ASN P3K di salah satu SD Negeri di Batam dan tercatat sebagai warga Bengkong Sadai.

Pasien ini mengaku pernah kontak langsung dengan pasien nomor 35 (Klaster DD), pada tanggal 26 April 2020 pada saat melaksanakan salat berjamaah di Masjid Al-Furqon. 

Tanggal 12 Mei 2020, Ia kemudian melakukan pemeriksaan RDT di Puskesmas Sei Panas, dan hasilnya menunjukkan reaktif.

Selanjutnya diarahkan untuk karantina mandiri di rumah. Dan hasil swab tenggorokkannya, menunjukkan terkonfirmasi positif. 

“Kesimpulan sementara, kasus baru ini diyakini karena adanya transmisi lokal, masuk klaster DD di Bengkong,” ucap Rudi.

(ret)
SHARE US :
Komentar Via Facebook :