Isdianto: Tunaikan Zakat Takkan Mengurangi Harta

Isdianto: Tunaikan Zakat Takkan Mengurangi Harta

Plt Gubernur Kepri Isdianto secara simbolis menyerahan zakat. (Foto: ist)

Tanjungpinang - Moment Idul Fitri sudah di pelupuk mata. Plt Gubernur Kepri Isdianto mengingatkan dan mengajak masyarakat Kepri untuk segera membayar zakat, baik zakat fitrah, zakat mal serta zakat lainnya. 

"Saya mengajak seluruh warga Kepri, ayo kita berzakat. Karena zakat tidak mengurangi sedikitpun harta kita melainkan menambah. Bayar melalui Baznas, agar kemudian bisa tersalurkan kepada siapa saja yang berhak menerimanya," kata Isdianto saat penyerahan zakat, kemarin.

Dia juga menegaskan bahwa Covid-19 yang sedang dihadapi saat ini adalah musuh bersama. Dan untuk melawannya, kebersamaan harus dibangun dengan kokoh. 

Rasa syukur juga disampaikan Isdianto karena Kepri adalah yang terbaik se-Indonesia dalam melakukan penekanan pendemi Covid-19.

"Alhamdulillah kita berada di urutan terbaik pertama. Ini artinya kebersamaan kita bisa terjalin dengan baik dalam melawan Covid-19," ujar Isdianto.

Membayar zakat tambah Isdianto juga bagian dari kebersamaan dalam upaya melawan Covid-19. Karena Baznas juga sudah menetapkan jika korban Covid juga wajib dibantu.

"Jadi tidak hanya terikat sebatas 8 asnaf saja yang berhak menerima," kata Isdianto.

Dalam kesempatan ini Plt Gubernur menyerahkan secara simbolis 1.000 paket logistik keluarga dari Baznas yang dibungkus dalam program Baznas Kepri Peduli Keluarga Dhuafa Terdampak Covid-19.

Tidak hanya itu, juga dibarengi dengan penyerahan bantuan penanganan Covid-19 oleh SKK Migas dan KKKS Wilayah Kepri berupa 10 ton beras, 500 alat pelindung diri (APD) dan 1.000 botol sanitizer.

Zakat Terus Meningkat

 

Sementara, Ketua Baznas Kepri Mustamin Husein dalam laporannya menyampaikan bahwa pada tahun 2019 jumlah dana zakat yang terkumpul mencapai Rp 5,113 miliar, dengan Rp 4,604 miliar diantaranya telah tersalurkan. 

Sedangkan jumlah zakat mal yang terkumpul pada tahun 2019 lalu mencapai Rp 36,189 miliar.

"Alhamdulillah setiap tahun zakat di Kepri naik 20 hingga 25 persen. Dan tahun 2020 ini adalah tahun yang ke-3. Dan tentu tahun ini kita memiliki program yang berbeda, karena kita juga harus membantu para korban Covid-19," kata Mustamin.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews