Viral Eksperimen di Jepang Perlihatkan Betapa Cepat Virus Corona Menyebar

Viral Eksperimen di Jepang Perlihatkan Betapa Cepat Virus Corona Menyebar

Ilustrasi.

Batam - Viral video eksperimen di Jepang yang menunjukkan betapa cepatnya virus Corona COVID-19 menyebar. Dalam video eksperimen tersebut, ada satu orang positif Corona di dalam ruangan yang digambarkan seperti suasana di restoran.

Eksperimen yang dilakukan lembaga penyiaran publik di Jepang (NHK) bersama dengan para ahli kesehatan ini melibatkan 10 orang di mana salah satunya terinfeksi Corona. Setiap peserta melakukan prasmanan seperti biasa tanpa mempertimbangkan risiko adanya penularan atau potensi kontaminasi pada makanan.

Kemudian, tangan salah satu dari mereka dilapisi cat flourescent yang bertujuan untuk mensimulasikan tetesan yang keluar saat batuk dan bersin atau droplet, sebelum diizinkan menyentuh makanan maupun berinteraksi dengan para peserta lain. Dari eksperimen ini, ditemukan sebagian besar permukaan yang ditutupi oleh lapisan cat flourescent menunjukkan di mana 'droplet' dari pasien yang terinfeksi Corona berhasil dipindahkan ke banyak tangan peserta.

 

 

Eksperimen ini menunjukkan penyebaran dapat dilihat pada makanan, peralatan seperti piring-piring, dan bahkan pada wajah beberapa peserta.

Sementara itu John Nicholls, seorang profesor klinis dalam patologi di Universitas Hong Kong, menanggapi video tersebut menunjukkan seberapa cepat suatu virus dapat menyebar, terutama ketika mencuci tangan tidak dilakukan.

"Apa yang diperlihatkan video itu, adalah bahwa itu akan menyebar ke permukaan dan ke orang-orang dengan sangat efisien, dan saya pikir itu benar-benar menyoroti kebutuhan apa yang orang katakan tentang kebersihan tangan untuk menghentikan penyebaran penyakit," kata Nicholls kepada CNN.

(fox)