Nenek 113 Tahun Jadi Pasien Tertua di Dunia yang Sembuh dari Covid-19

Maria Branyas. (Foto: Twitter)

Nenek berusia 113 tahun di Spanyol sembuh dari Covid-19, diyakini menjadi orang tertua di dunia yang sembuh dari penyakit ini.

Maria Branyas diyakini sebagai orang tertua di Spanyol dan berjuang melawan virus corona selama beberapa pekan. Branyas lahir di Meksiko, 4 Maret 1907, dan sekarang tinggal di panti di Olot, Girona.

Dilansir dari Newsweek, Rabu (13/5), dia dites positif virus corona pada April dan sekarang telah sembuh.

"Sekarang dia sehat, dia hebat, dia ingin ngobrol, menjelaskan, berefleksi, dia kembali lagi," kata salah seorang putrinya kepada La Vanguardia.

Branyas memiliki tiga anak, 11 cucu, dan 13 cicit. Newsweek menghubungi keluarganya melalui Twitter atas nama akun Branyas.

Selain sembuh dari virus corona, Branyas juga selamat dari flu Spanyol, yang menjangkiti orang di seluruh dunia sekitar 1918 dan 1920. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), pandemi flu Spanyol menginfeksi 500 juta orang di seluruh dunia, dengan perkiraan angka kematian sedikitnya 50 juta.

 

Gerontology Research Group melaporkan, menurut informasi yang tersedia, Branyas adalah orang tertua yang selamat dari virus corona. Newsweek telah menghubungi kelompok tersebut untuk mengomentari hal ini.

Setelah mencapai usia 110, Branyas adalah bagian dari sekelompok kecil orang yang dijuluki supercentenarians.

Menurut CDC, orang yang berusia di atas 65 lebih berisiko terjangkit penyakit parah dan kematian akibat virus corona sementara risiko kematian tertinggi adalah di antara mereka yang berusia 85 atau lebih.

Spanyol mencatat lebih dari 227.000 kasus virus corona sejak wabah dimulai, menurut data Universitas Johns Hopkins, dan lebih dari 26.000 dari mereka yang terinfeksi telah meninggal dunia.

Ini adalah angka kasus tertinggi ketiga di dunia, setelah AS dan Rusia dan angka kematian tertinggi keempat di dunia.

Sementara itu, 137.000 pasien Covid-19 di Spanyol dinyatakan sembuh. Ada tanda penurunan kasus di seluruh Spanyol, Kementerian Kesehatan melaporkan angka kasus harian terendah dalam kurun waktu dua bulan lebih, dengan kenaikan 594 kasus pada Selasa.

(fox)