Malaysia Catatkan Angka Terendah Tambahan Kasus Covid-19 Sejak Berlakukan MCO

Malaysia Catatkan Angka Terendah Tambahan Kasus Covid-19 Sejak Berlakukan MCO

Ilustrasi.

Putrajaya - Malaysia mengkonfirmasi 16 kasus baru Covid-19 pada Selasa (12/5/2020). Angka tersebut merupakan jumlah harian terendah sejak Perintah Kontrol Gerakan (MCO) mulai berlaku sejak 18 Maret lalu.

Dilansir Channel News Asia, Dirjen Kementerian Kesehatan Malaysia, Noor Hisham Abdullah  mengatakan dengan tambahan tersebut, kini ada 6.742 kasus, dengan 1.410 kasus aktif saat ini.

"Tiga diantaranya merupakan kasus baru. Sedangkan 13 lainnya merupakan infeksi lokal yang sembilan diantaranya melibatkan bukan warga Malaysia," kata dia.

Sebanyak 110 pasien Covid-19 telah pulih dan dipulangkan pada Selasa kemarin, sehingga jumlah kasus pemulihan penuh menjadi 5.223, atau 77,5 persen dari keseluruhan kasus.

Tidak ada kematian baru yang dicatat. Jumlah korban meninggal akibat penyakit ini mencapai 109.

Meskipun jumlah kasus telah turun, Noor Hisham mengimbau masyarakat untuk tetap waspada.

Berkaca dengan China dan Korea Selatan yang kembali mencatatkan kasus positif baru, ia mengatakan masyarakat harus melakukan bagian mereka untuk memastikan bahwa tren yang sama tidak akan terjadi di Malaysia, terutama karena pemerintah telah melonggarkan aturan-aturan di bawah MCO.

Sebelum kebijakan MCO dapat sepenuhnya diangkat, Noor Hisham mengatakan Malaysia harus memperhatikan enam bidang utama, termasuk kontrol perbatasan, kemampuan sistem perawatan kesehatan, kemampuan negara untuk melindungi kelompok-kelompok berisiko tinggi, serta kemampuan masyarakat untuk beradaptasi dengan "normal baru".


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews