Desa Pulau Medang di Lingga Salurkan BLT Tiga Tahap Sekaligus

Desa Pulau Medang di Lingga Salurkan BLT Tiga Tahap Sekaligus

Camat Katang Bidare, Safaruddin mendampingi Kades Pulau Medang menyerahkan BLT ke warganya (Foto:ist)

Lingga - Pemerintah Desa Pulau Medang, Kecamatan Katang Bidare, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada 141 keluarga penerima. Adapun bantuan ini merupakan instruksi dari Presiden, yang diperuntukan bagi masyarakat miskin di desa di tengah pandemi virus Corona (Covid-19).

Sebagaimana diketahui, BLT yang bersumber dari 30 persen Dana Desa (DD), dikucurkan kepada penerima dalam 3 tahap. Setiap tahapan penerima mendapatkan sebanyak Rp 600.000 per keluarga. Kendati demikian, pemerintah Desa Pulau Medang, menyerahkan uang tunai tersebut sekaligus untuk 3 tahapannya. Artinya masyarakat penerima, langsung memperoleh Rp 1.800.000 per keluarga.

"Saya berterima kasih kepada pemerintah Kabupaten Lingga, karena tahun ini bantuan alhamdulillah mengalir ke desa kami. Dibidang pendidikan, desa kami dapat ruang kelas SMP dari APBD dan rehab SD dari DAK," ujar Kepala Desa Pulau Medang, Rusli.

Terkait BLT ini, menurutnya semua penerimanya sudah diseleksi jauh-jauh hari sesuai arahan pemerintah. Dia yakin tidak tebang pilih memberikan bantuan tunai tersebut, sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap masyarakat yang terdampak pendemi corona.

"Kami mendata yang betul-betul berhak untuk menerima. Mudah-mudahan ini dapat membantu ditengah sulitnya ekonomi masyarakat. Apalagi disini yang rata-ratanya adalah pekerja nelayan," jelas dia.

Sementara, Camat Katang Bidare, Safaruddin mengapresiasi langkah pemerintah daerah yang terus menggesa dan mengawasi agar aparat pemerintah desa benar-benar membagikan BLT kepada yang layak menerima. Tidak ada pilih kasih, sesuai dengan standar dan arahan yang dituangkan dalam syarat-syarat penerima BLT.

"Alhamdulillh, Pulau Medang merupakan yang pertama di Kabupaten Lingga, sebagai desa yang telah membagikan BLT kepada masyarakat. Terimakasih kepada Kepala Desa dan BPD yang bersenergi sehingga pada momen berkah Ramadhan ini bantuan dan pendataan ini bisa terlaksana," pungkas dia.

Safaruddin berharap bantuan tersebut, selayaknya dapat meringankan beban masyarakat kecil dari dampak covid-19 dan dapat dipergunakan untuk keperluan rumah tangga baik keperluan dibulan Ramadhan ini atau menyambut Syawal nanti. Paling tidak untuk kehidupan sehari-hari masyarakat.

"Saya lihat wajah masyarakat berseri-seri, Alhamdulillah berarti nak dapat duit. Pesan saya gunakan sebaik-baiknya, uny keperluan sehari-hari," ucap Safar sambil tersenyum dihadapan masyarakat.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews