Ada Penampakan Hantu CCTV di RS Galang? Ini Faktanya

Seekor lalat yang diduga menempel di sebuah CCTV di sebuah rumah sakit di Madiun dikira penampakan hantu (Foto: Sc Batamnews)

Batam - Beberapa hari ini warga Batam dihebohkan dengan sebuah video viral yang diduga di RS Khusus Covid-19 di Pulau Galang, Batam, Kepri. Video dari CCTV itu merekam penampakan di ruang isolasi pasien Corona.

Batamnews berupaya menelusuri. Hasilnya diduga video tersebut adalah hoaks. Selain itu dari analisis video, penampakan tersebut adalah sebuah serangga sejenis lalat yang tengah berjalan di permukaan kamera CCTV.

Kepala RS Khusus Covid-19, Galang Kol (CKM) Dr. dr. Khairul Ihsan Nasution juga membantah, lokasi tersebut berada di RS Khusus Covid-19 di Pulau Galang. Ia menyatakan informasi yang beredar tersebut tidak benar dan hoaks.  

"Bukan, bukan. Nggak ada itu. Itu rumah sakit Madiun," ujar Kolonel yang biasa disapa Ihsan ini.

Selain itu, yang lebih menguatkan kalau video tersebut adalah hoaks, dari rekaman CCTV tersebut bertanggal 1 Januari 2020. Sedangkan RS Galang baru beroperasi pada awal April lalu. RS Galang diresmikan Presiden Joko Widodo pada tanggal 5 April lalu.

Dikaitkan dengan Kuburan Pengungsi Vietnam

 

Menurut Kolonel Ihsan, rumah sakit di Pulau Galang sengaja dikait-kaitkan karena terdapatnya kuburan para pengungsi Camp Vietnam yang sudah berusia puluhan tahun. 

"Kita kecipratan aja, mentang-mntang ada kuburan Vietnam di sini," ujar Ihsan.

Menurut Ihsan, di lokasi tersebut berjalan dengan normal. Tidak pernah ada penampakan. "Pada initinya itu bukan rumah sakit Galang, di sini aman-aman aja," ujar Ihsan.

Sejumlah netizen di Batam beranggapan lokasi tersebut berada di RS Khusus Covid-19 Pulau Galang. Mereka mengait-ngaitkan hal tersebut dengan kejadian mistis.

(snw)