Dikabarkan Meninggal, Kim Jong Un Muncul Resmikan Pabrik Pupuk

Dikabarkan Meninggal, Kim Jong Un Muncul Resmikan Pabrik Pupuk

Warga Korea Selatan menonton siaran televisi yang memberitakan kemunculan kembali Kim Jong Un. (Foto: AP via VOA)

Pyongyang - Setelah sempat menghilang dari publik, Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un tampil di depan publik untuk pertama kali pada Sabtu (2/5/2020).

Kim dilaporkan meresmikan selesainya pembangunan pabrik pupuk di dekat Pyongyang. Kemunculannya menjawab desas-desus dunia yang mengira bahwa ia sakit parah, bahkan hingga disebut meninggal dunia.

Kantor Berita Pusat Korea Utara melaporkan, Kim menghadiri upacara itu hari Jumat (1/5/2020) di Sunchon dengan pejabat senior lainnya, termasuk saudara perempuannya Kim Yo Jong, yang diperkirakan oleh banyak analis akan mengambil alih jabatannya, jika kakaknya tiba-tiba tidak dapat memerintah.

Surat kabar resmi Rodong Sinmun menerbitkan beberapa foto Kim yang mengenakan pakaian hitam dan tersenyum, ketika dia melihat-lihat pabrik dan memotong pita merah.

Kantor berita itu mengatakan, Kim dengan hangat menyapa para pekerja dan mengatakan, almarhum ayah dan kakeknya "akan sangat senang" pabrik itu selesai. Laporan itu tidak menyebut apakah Kim memberikan komentar langsung mengenai Amerika atau Korea Selatan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews