China Kirim Tim Medis Tangani Kesehatan Kim Jong Un

China Kirim Tim Medis Tangani Kesehatan Kim Jong Un

Kim Jong Un. (Foto: New York Times)

Pyongyang - China telah mengirim tim ke Korea Utara, termasuk para ahli medis untuk menangani kesehatan pemimpin Korut Kim Jong Un yang dilaporkan memburuk.

The Jerusalem Post melaporkan sebuah delegasi yang dipimpin oleh seorang anggota senior dari Departemen Penghubung Internasional Partai Komunis China meninggalkan Beijing ke Korea Utara pada hari Kamis, kata dua orang sumber. 

Departemen itu adalah badan Cina utama yang berurusan dengan negara tetangga Korea Utara. Namun sumber menolak untuk diidentifikasi mengingat sensitivitas masalah ini.

Departemen Penghubung tidak dapat dihubungi oleh Reuters untuk memberikan komentar Jumat malam. Kementerian luar negeri China tidak segera menanggapi permintaan komentar Jumat malam.

Daily NK, situs web yang berbasis di Seoul, melaporkan awal pekan ini bahwa Kim pulih setelah menjalani prosedur kardiovaskular pada 12 April. Ia mengutip satu sumber tanpa nama di Korea Utara.

Para pejabat pemerintah Korea Selatan dan seorang pejabat Cina dengan Departemen Penghubung menantang laporan-laporan berikutnya yang menyatakan bahwa Kim dalam bahaya besar setelah operasi. Para pejabat Korea Selatan mengatakan mereka tidak menemukan tanda-tanda aktivitas tidak biasa di Korea Utara.

Seorang pejabat yang akrab dengan intelijen AS mengatakan bahwa Kim diketahui memiliki masalah kesehatan tetapi mereka tidak memiliki alasan untuk menyimpulkan bahwa dia sakit parah atau tidak mampu akhirnya muncul kembali di depan umum.

Seorang juru bicara Departemen Luar Negeri AS tidak memberikan komentar. Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, ketika ditanya tentang kesehatan Kim di Fox News setelah Trump berkata, "Saya tidak punya apa-apa yang bisa saya bagikan kepada Anda malam ini, tetapi orang-orang Amerika harus tahu bahwa kami memperhatikan situasi dengan sangat tajam."

Korea Utara adalah salah satu negara dunia yang paling terpencil dan tertutup, dan kesehatan para pemimpinnya diperlakukan sebagai masalah keamanan negara. Reuters belum dapat secara independen mengkonfirmasi rincian tentang keberadaan atau kondisi Kim.

Media pemerintah Korea Utara terakhir kali melaporkan keberadaan Kim ketika dia memimpin pertemuan pada 11 April. Media pemerintah tidak melaporkan bahwa dia menghadiri sebuah acara untuk menandai ulang tahun kakeknya, Kim Il Sung, pada 15 April, yang penting ulang tahun di Korea Utara.

Kim, yang diyakini berusia 36 tahun, telah menghilang dari liputan di media pemerintah Korea Utara sebelumnya. Pada 2014, dia menghilang lebih dari sebulan dan TV pemerintah Korea Utara kemudian menunjukkan dia berjalan dengan pincang. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews