Menakjubkan! Korea Utara Miliki Stadion Terbesar di Dunia

Menakjubkan! Korea Utara Miliki Stadion Terbesar di Dunia

Stadion terbesar di muka Bumi ada di Pyongyang, Korut. (Foto: Getty Images/Feng Li)

Jakarta - Di tengah isu Kim Jong Un meninggal, tahukah kamu bahwa Korea Utara yang ia pimpin juga memiliki stadion terbesar di dunia? Namanya Rungrado 1st of May Stadium atau Stadion Hari Buruh.

Stadion yang juga disebut sebagai Rungrado May Day Stadium ini memang bukan produk dari pemerintahan pada era Kim Jong Un karena sudah dibuka pada 1 Mei 1989 silam, tepat di Hari Buruh.

Menurut The Guardian, di dalam Stadion Rungrado May Day juga terdapat gambar Kim Il Sung dan Kim Jong Il, pemimpin tertinggi Korea Utara yang pertama dan kedua, sekaligus kakek dan ayah Kim Jong Un.

Sebagaimana dirangkum dari sejumlah sumber, Stadion Rungrado May Day ini menempati area seluas 20,7 hektare di Pulau Rungrado, Pyongyang. Kapasitasnya mencapai 114.000 walaupun ada yang mengklaim sampai 150.000 penonton.

Jumlah itu sendiri sudah menjadikannya sebagai stadion olahraga dengan kapasitas terbesar di muka Bumi. Lebih besar ketimbang Stadion Sardar Patel (110.000) yang biasa menghelat kriket di India dan jadi stadion terbesar kedua di dunia, atau bahkan Stadion Camp Nou (99,354) yang kondang sebagai kandangnya FC Barcelona.*

*Tak cuma megah, Rungrado 1st of May Stadium juga punya desain unik; 16 lengkungan di bagian atas membuatnya menyerupai kelopak bunga magnolia. Stadion ini juga memiliki tinggi 60 meter dengan total luas lantai lebih dari 207.000 meter persegi.

Selain untuk acara olahraga seperti sepakbola dan cabang atletik, Stadion Hari Buruh ini biasanya juga dipergunakan untuk kegiatan festival hiburan dan upacara parade militer.

Sejauh ini Rungrado 1st of May Stadium sudah tiga kali menjalani renovasi, dengan yang paling anyar terjadi di era kepemimpinan Kim Jong Un. Tiga renovasi itu tepatnya berlangsung pada 1995, 2008, dan 2018.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews