Tempuh Jarak 4.023 Km, Kim Jong Un Naik Kereta Api 65 Jam ke Vietnam

Tempuh Jarak 4.023 Km, Kim Jong Un Naik Kereta Api 65 Jam ke Vietnam

Donald Trump dan Kim Jong Un. (Foto: Fox News)

Jakarta - Setelah melakukan perjalanan kurang lebih selama dua setengah hari, akhirnya pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un tiba di Vietnam pada Selasa (26/2/2019) pagi sekira pukul 08.22 waktu setempat. Kunjungan sang diktator ini ke Vietnam bukan tanpa alasan, melainkan guna melakukan pertemuan puncak dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump di Wisma Pemerintah yang terletak di pusat kota Hanoi.

Perjalanan Kim Jong Un dari Pyongyang menuju Vietnam tersebut ditempuhnya dengan menggunakan kereta berlapiskan baja miliknya. Menempuh jarak sekitar 2.500 mil atau setara 4.023 km dengan waktu perjalanan kurang lebih 65 jam, akhirnya Kim Jong Un tiba di Stasiun Dong Dang dan disambut dengan hangat oleh para pejabat Vietnam yang kala itu datang untuk menyambutnya. 

Dirangkum dari berbagai laman sumber, kondisi di luar stasiun pun tak kalah hangat dengan sambutan para pejabat tersebut. Puluhan hingga ratusan bendera Vietnam dan Korea Utara berkibar di tengah kerumunan orang yang antusias dengan kedatangannya ini.

Sementara Kim Jong Un sudah tiba di Vietnam pagi ini, Air Force One Donald Trump sendiri dikabarkan akan mendarat di Vietnam pada Selasa malam nanti. Demi memastikan keamanan stasiun ketika sang pemimpin negara yang baru saja berdamai dengan Korea Selatan ini datang, Stasiun Dong Dang sendiri sudah ditutup sejak hari Senin (25/2/2019) kemarin, dengan pengawasan gabungan antara polisi dan tentara yang berjaga di luar stasiun.

Tidak hanya itu, jalanan dari daerah perbatasan menuju ke ibukota pun ditutup sejak pukul 06.00 hingga 14.00 waktu setempat.

Pertemuan antara dua pemimpin ini merupakan yang kedua kalinya setelah terakhir kali dihelat pada bulan Juni 2018 kemarin di Singapura – dimana topik pembahasan mereka tidak terlepas dari isu “bekerja untuk denuklirisasi total di Semenanjung Korea”.

Sebagaimana yang sudah kita ketahui bersama, Kim Jong Un sendiri termasuk sebagai salah satu pemimpin yang unik. Pasalnya ia dikabarkan takut akan ketinggian dan lebih memilih untuk melakukan kunjungan kenegaraan dengan menggunakan kereta warisan dari mendiang ayahnya, Kim Jong Il.

Mungkin sebagai orang awam, melakukan perjalanan dari Korea Utara menuju Vietnam dengan menggunakan kereta api bukanlah hal yang mudah. Perjalanan selama 65 jam dengan jarak yang terbentang di antara kedua negara ini mencapai 4.023 km harus ditempuh dengan persediaan logistik yang memadai dan persiapan lain yang menunjang perjalanannya. 

Mungkin lain cerita dengan Kim Jong Un yang sudah pasti mendapatkan supplies yang memadai dari protokolernya, nah jika pertanyaannya di balik, apakah Anda siap untuk menempuh perjalanan sejauh Korea Utara – Vietnam dengan menggunakan kereta api?

(pkd)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews