Jokowi Larang Mudik, Ini Saran Psikolog Jika Kangen Kampung Halaman

Jokowi Larang Mudik, Ini Saran Psikolog Jika Kangen Kampung Halaman

Ilustrasi penumpang mudik dengan KM Kelud. (Foto: Dyah Asti/Batamnews)

Jakarta -Presiden Joko Widodo (Jokowi) melarang seluruh warga untuk mudik Lebaran 1441 H. Ia meminta segala hal yang terkait dengan pelarangan mudik untuk segera disiapkan.

"Mudik semuanya akan kita larang," ujar Jokowi membuka ratas di Istana Presiden yang disiarkan langsung lewat akun YouTube Setpres, Selasa (21/4/2020).

Larangan terkait mudik ini tentunya membuat beberapa warga merasa rindu akan kampung halaman. Bagaimana cara mengatasinya?

Psikolog klinis dewasa, Arrundina Puspita Dewi, MPsi, memberikan tips untuk selalu menjaga komunikasi dengan keluarga selama tidak mudik.

"Karena nggak bisa mudik, usahakan komunikasi terus dijaga dengan keluarga. Telepon setiap hari misalnya, tanya bagaimana kabar, puasanya bagaimana, dan sebagainya," ujar Arrundina via detikcom, Selasa (21/4/2020).

Menurut Arrundina, hal ini akan cepat berlalu dan tidak akan terjadi terus-menerus. Sekali ini saja tidak mudik untuk membantu penyebaran dari virus Corona COVID-19.

"Ingat juga kalau ini nggak akan terus-terusan seperti ini kok. Semua pasti akan berlalu, sekali ini aja kita nggak mudiknya," pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews