Paket Sembako Gratis Sudah Mulai Dibagikan ke Masyarakat

Paket Sembako Gratis Sudah Mulai Dibagikan ke Masyarakat

Aparat TNI/Polri serta pihak kecamatan membagikan sembako gratis (Ist)

Batam - Pemko Batam sudah mulai membagikan sembako gratis kepada masyarakat. Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Batam, Amsakar Achmad mengatakan pembagian sudah dilakukan sejak kemarin.

"Secara keseluruhan sudah disebar di seluruh kecamatan," ujar Amsakar melalui aplikasi rapat daring, Senin (20/4/2020).

Pembagian dikatakannya sesuai protokol kesehatan. Menurutnya proses pembagian sembako gratis itu tidak menimbulkan keramaian. Ia juga melakukan pemantauan di Kecamatan Lubuk Baja dan Kecamatan Sagulung.

Di Kecamatan Sagulung misalnya, perangkat RT/RW datang menjemput paket sembako tersebut untuk nantinya dibagikan ke masing-masing rumah masyarakat.

"Betul-betul dilaksanakan secara baik oleh aparat RT/RW, Bhabinsa dan Bhabinkamtibnas, semua jaga jarak," kata Amsakar.

Namun Amsakar mengakui paket sembako ini belum disalurkan secara keseluruhan ke masyarakat. Karena untuk menghindari kerumunan.

"Ada yang masih dititip di gudang, contohnya Kelurahan Tembesi, nanti pasti dibagi karena datanya by name, by addres," katanya.

Terkait upaya pembagian sembako yang dilakukan oleh relawan atau pihak-pihak tertentu. Amsakar mengimbau bisa diserahkan melalui satu pintu. "Inilah menjadi harapan kami, bisa melalui satu pintu, agar tidak overlap, tapi kami tidak bisa memaksakan," ucap Amsakar.

Pembagian sembako tahap pertama ini akan disediakan sebanyak 192 ribu paket, namun berdasarkan data yang tercatat ada 260 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak Covid-19.

Sebelumnya sebanyak 192 ribu paket sembako tersebut telah dianggarkan untuk paket sembako murah. Akan tetapi karena Covid19, akhirnya dialihkan untuk sembako gratis.

"Saat ini kami sedang upayakan agar bisa memenuhi kekurangan, dan sudah menghubungi beberapa pihak. Ada yang bersedia membantu, sehingga terkumpul 38 ribu paket," kata dia.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews