Pelni Karantina KM Bukit Raya usai 2 ABK Terindikasi Corona

Pelni Karantina KM Bukit Raya usai 2 ABK Terindikasi Corona

KM Bukit Raya.

Jakarta -  PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) akan melakukan karantina KM Bukit Raya, menyusul adanya dua anak buah kapal (ABK) yang terindikasi Corona Covid-19.

"Berdasarkan hasil yang diterima, terdapat dua orang kru yang reaktif terhadap hasil rapid diagnostic test (RDT). Sedangkan 83 kru lainnya teridentifikasi sebagai orang dalam pemantauan (ODP)," kata Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelayaran Nasional Indonesia, Yahya Kuncoro, dalam keterangannya, Sabtu (18/4/2020).

Menurut dia, kedua ABK yang positif Corona tersebut telah dirujuk ke rumah sakit untuk perawatan lebih lanjut. Sedangkan 83 lainnya menjalani isolasi mandiri secara terpisah di atas kapal. 

Dia juga menuturkan, bahwa pihaknya sudah melakukan pengecekan kesehatan dan rapid test bagi pada seluruh kru kapal. Bahkan, kapal yang masih berada di Pontianak ini sudah disemprot dengan cairan disinfektan.

Dia juga mengungkapkan, 1 ABK yang sempat menjadi PDP berdasarkan hasil rapid test oleh KKP Tanjungpinang, juga telah dilakukan pemeriksaan swab. Hasilnya dinyatakan positif terinfeksi virus yang diduga Corona.

"ABK tersebut saat ini telah mendapatkan perawatan medis oleh rumah sakit di Tanjungpinang sejak Sabtu lalu, 11 April 2020. Manajemen pun terus memantau perkembangan kesehatan yang bersangkutan," jelas Yahya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews