PCR Bantuan Singapura Dioperasikan, Kepri Bisa Langsung Uji Swab

PCR Bantuan Singapura Dioperasikan, Kepri Bisa Langsung Uji Swab

Plt Gubernur Provinsi Kepri Isdianto mengecek keberadaan alat PCR di BTKLPP Batam. (Foto: ist)

Batam - Jika selama ini pengecekan sample swab pasien PDP dari Kepri dilakukan di Jakarta, saat ini pengujian bisa langsung dilakukan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Batam. Dua unit alat Polymerase Chain Reaction (PCR) bantuan Singapura sudah bisa digunakan

Kepala BTKLPP Batam, Slamet Siswanto mengatakan, hari ini Minggu tanggal 12 April 2020 Kepri sudah memulai pemeriksaan sample swab.

Alat PCR bantuan pemerintah Singapura ini dioperasikan di BTKLPP, karena memang memenuhi persyaratan minimal Biosafety level 2. Alat merk Biorad seri CFX 96, seperti semua alat PCR yang ada di BTKL PP adalah Real Time PCR.

"Kemarin sempat tertunda, karena ada beberapa bahan atau reagen yang belum ada. Alhamdulillah kemaren sudah sampai dari Kementerian walau belum banyak (untuk pemeriksaan 200 sample)," terangnya, Minggu (12/4/2020).

Ia tetap mengharapkan bantuan dari semua pihak, dalam hal ini Pemerintah Kota Batam dan Pemerintah Provinsi Kepri agar memberikan bantuan reagen dan lain-lain yang dibutuhkan untuk konsistensi pemeriksaan selanjutnya.

(ude)
Komentar Via Facebook :