Ke Pasar di Batam Tak Perlu Keluar Rumah, Cukup Buka Aplikasi `Pasar Mama`

Ke Pasar di Batam Tak Perlu Keluar Rumah, Cukup Buka Aplikasi `Pasar Mama`

Ilustrasi

Batam - Sebagai upaya mendukung program social distancing, guna mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19), Pemerintah Kota (Pemko) Batam, Kepulauan Riau, menghadirkan Pasar Online.

Kepala Disperindag Kota Batam, Gustian Riau mengatakan, pasar yang akan dijadikan pasar online ada pasar TPID di Ruko Grand Niaga Mas Batam Centre.

"Ditengah physical distancing, Pemko tidak ada penutupan pasar, namun menggagas pasar online, bekerjasama dengan aplikasi Pasar Mama," kata Gustian saat dihubungi, Kamis (9/4/2020).

Pasar Mama adalah perusahaan digital yang berusaha membantu permasalahan masyarakat dalam berbelanja ke pasar tradisional. Terutama masyarakat yang tidak memiliki banyak waktu untuk ke pasar atau pun kondisi saat ini.

Di aplikasi ini masyarakat bisa berbelanja semua kebutuhan baik daging, sayur, buah dan bahan pokok makanan lainnya.

"Di aplikasi ini masyarakat bisa berbelanja dan semua keperluan yang dibutuhkan. Harganya juga bakal lebih murah dari pasar lainnya," ujar Gustian.

Untuk pelayanan secara online, Pasar TPID Ruko Grand Niaga Mas Batam Center akan buka mulai dari pukul 06.00 WIB hingga 15.00 WIB.

Untuk jasa pengiriman barang, pasar online ini akan bekerja sama dengan trasnportasi Online Go-Jek beserta sistem pembayaran Go-pay. Untuk total pembelian diatas Rp 250 ribu, masyarakat juga akan mendapatkan bonus gratis pengiriman.

"Selain menggunakan Go-pay, pada cara pembayaran juga bisa menggunakan debit dan kartu kredit. Untuk pengiriman kami antar sampai depan rumah. Jika total belanja dibawah Rp 250 biaya pengiriman akan ditanggungkan ke pelanggan sesuai aplikasi," jelas Gustian.

Aplikasi Pasar Mama bisa di download di play store untuk android. Aplikasi ini bahkan sudah digunakan di beberapa kota di Indonesia.

Namun walaupun hadir secara online, pasar TPID tetap buka secara offline seperti biasa untuk melayani masyarakat sekitar terutama yang tidak memiliki smartphone, atau tidak mengerti penggunaan aplikasinya.

(das)