Seorang Siswa SMP di Batam Positif Covid-19

Seorang Siswa SMP di Batam Positif Covid-19

Ilustrasi.

Batam - Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Batam bertambah 5 kasus. Total 10 kasus yang terjadi di Batam. Wali Kota Batam, Rudi mengumumkan perkembangan kasus tersebut, Kamis (9/4/2020).

Pasien 06 Batam merupakan seorang anak laki-laki (13), yang merupakan pelajar, warga Batam Centre.

“Yang bersangkutan adalah kontak erat terdekat dengan ibu kandungnya yang merupakan pasien 04,” ujar Rudi dalam siaran persnya.

Pada saat ibunya sedang dalam perawatan, pasien tersebut tinggal sendiri di rumah. Dan kemudian kakeknya datang untuk mendampingi.

Selanjutnya pada saat itu, pasien sudah mulai merasakan ada gangguan kesehatan. Seperti sudah merasa demam, muntah dan batuk ringan.  “Oleh tim medis puskesmas setempat dilakukan pemeriksaan dan diberi obat,” kata Rudi.

Lalu pada tanggal 30 Maret 2020, ibu pasien yang juga positif Covid-19 meninggal dunia.  Setelah itu karena merupakan kontak dekat dengan ibunya, remaja tersebut langsung ditetapkan sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP).

“Maka langsung ditempatkan di rusun (Rusunawa Tanjunguncang) guna dilakukan observasi dan pantauan kondisi kesehatannya,” katanya.

Hasil Tes Reaktif

 

Kemudian pada 1 April 2020, pasien dilakukan Rapid Diagnostic Test (RDT) dengan hasil reaktif.

Kemudian dilanjutkan dengan pengambilan spesimen swab yang hasilnya belum dapat diperoleh pada saat itu.

“Selama dalam pantauan, petugas di tempat observasi Tanjung Uncang kondisi yang bersangkutan terlihat semakan membaik,” kata Rudi.

Hasil tes swab baru diterima pada hari ini, dan telah menunjukkan pasien terkonfirmasi positif. Selanjutnya pasien dirujuk ke ruang isolasi Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam.“Hingga saat ini kondisi stabil,” kata dia.

Sebelumnya diberitakan, ibu pasien 06 juga dikonfirmasi positif Covid-19 dan menjadi pasien 04. Dimana pasien 04 tersebut memiliki riwayat perjalanan ke Johor, Malaysia.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews