8 Cara Menjaga Anak dari Risiko Terinfeksi Covid-19

8 Cara Menjaga Anak dari Risiko Terinfeksi Covid-19

Ilustrasi

Jakarta - Penyebaran virus corona yang semakin masif di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia, harus benar-benar diwaspadai. Berbagai anjuran dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) hingga pemerintah tentang cara menjaga diri supaya terhindar dari paparan virus corona sebisa mungkin diikuti dengan disiplin. 

Salah satu anjuran yang digaungkan di Indonesia adalah di rumah saja. Pemerintah menyarankan masyarakat bekerja dari rumah, belajar di rumah, bahkan beribadah di rumah. 

Jika tak ada keperluan yang mendesak disarankan untuk tidak pergi ke mana-mana. Selain itu, yang paling penting adalah menjaga jarak aman secara fisik supaya terhindar dari paparan COVID-19. 

Anjuran lain yang sangat penting adalah rajin mencuci tangan dengan sabun dan upayakan tidak menyentuh area wajah. Ada juga saran memakai masker saat bepergian ke luar rumah supaya meredam penyebaran virus corona. 

Bagi orang dewasa, anjuran-anjuran itu cukup mudah dimengerti. Masalahnya, memberi pengertian terhadap anak-anak terkait cara pencegahan virus corona membutuhkan trik khusus. 

Seperti apa cara-cara menjaga anak supaya terhindar dari paparan virus corona. Berikut delapan di antaranya seperti yang disarankan Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

 

Cara Menjaga Anak dari Risiko Terinfeksi COVID-19

1. Ajari anak tidak menyentuh wajah karena mulut, hidung, dam mata dapat menjadi pintu masuk virus.

2. Pastikan anak tetap di rumah.

3. Ajari anak cuci tangan. 

4. Jaga daya tahan tubuh anak. 

5. Pantau kondisi anak.

6. Hindarkan anak dari kontak fisik dengan orang lain (jaga jarak minimal) 1 meter.

7. Bawa anak ke teras rumah atau halaman pada pagi hari agar mendapatkan sinar matahari.

8. Rutin bersihkan mainan anak dengan disinfektan (kandungan alkohol 70 persen).


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews