Mossad Borong 10 Juta Masker dan APD untuk Israel

Pemimpin Mossad, Yossi Cohen. (Foto: Palestine Chronicle)

Tel Aviv - Lembaga intelijen Israel, Mossad membeli 10 juta masker medis untuk alat pelindung diri melawan virus corona. Pembelian atas perintah langsung bos Mossad, Yossi Cohen.

Jerusalem Post melaporkan hal ini pada 30 Maret 2020. Namun, sebetulnya media tersebut sudah mengetahui sebelumnya, dan karena sensitivitas isu maka baru diberitakan kemarin.

Selain 10 juta masker medis, Mossad membawa beberapa lusin ventilator, puluhan ribu alat uji, dan sekitar 25.000 masker bedah N95 yang dirancang untuk melindungi pemakainya dari partikel dan cairan di udara. 

Selasa pekan lalu, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan Cohen mengambil alih upaya negara untuk membeli peralatan medis dari luar negeri.

Cohen berhasil membawa 100.000 alat uji ke Israel dua minggu lalu, dengan perkiraan empat juta dalam perjalanan.

Dilaporkan alat-alat tes Covid-19 itu diperoleh dari negara-negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. Sebuah laporan Al Jazeera mengatakan negara-negara yang berada di Teluk Persia, yang bisa menjadi salah satu alasan mengapa Mossad memimpin pembelian perlengkapan APD Corona ini.

(dod)