Kenalkan, Ini Mahasiswa Kedokteran UGM Berusia 14 Tahun

Kenalkan, Ini Mahasiswa Kedokteran UGM Berusia 14 Tahun

Aldo Meyolla Geraldino. (foto: ist/ugm.ac.id)

BATAMNEWS.CO.ID, Yogya - Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menerima 9.536 mahasiswa baru tahun akademik 2015/2016. Di antara para mahasiswa baru tersebut ada seorang remaja berusia sebaya anak sekolah menengah pertama.

Mahasiswa baru Fakultas Kedokteran, Program Studi Pendidikan Dokter, itu bernama Aldo Meyolla Geraldino. Ia baru berusia 14 tahun. Tepatnya 14 tahun, 7 bulan, 29 hari.

"Senang sih diterima di Fakultas Kedokteran. Termuda ya, mungkin semua karena akselerasi,” ujar Aldo Meyolla, seperti dikutip Humas UGM di laman ugm.ac.id di sela upacara penerimaan mahasiswa baru UGM Tahun Akademik 2015/ 2016, Selasa, 18 Agustus 2015.

Remaja asal Sukoharjo itu menjadi mahasiswa termuda di Universitas Gadjah Mada pada tahun ini.  

Orangtuanya, Masoed, mengatakan bahwa anaknya cukup diuntungkan oleh program akselerasi. "Sekolah dasar bisa diselesaikan dalam waktu lima tahun," kata Masoed saat ditemui di Sukoharjo, Rabu (19/8/2015). Aldo masuk Sekolah Dasar pada usia 5,5 tahun.

Selanjutnya, Aldo melanjutkan sekolah pendidikan ke Sekolah Menengah Pertama 9 Surakarta yang membuka program akselerasi. "Dua tahun bisa lulus," kata Masoed.

Setelah itu, Aldo bersekolah di Sekolah Menengah Atas 1 Surakarta dan kembali menyelesaikan pendidikan dalam waktu dua tahun.

Padahal, Aldo memiliki banyak kegiatan di luar sekolah. "Dia memiliki grup band bernama Star Boy," katanya.

Menurut ibu Aldo, Christina, kecerdasan anaknya memang sudah terlihat sejak kecil. "Bisa terlihat dari kemampuannya memainkan melodi untuk musik rock tanpa ada kesalahan," kata Christina.

Aldo diterima di UGM melalui jalur ujian tulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Dia memiliki nilai MIPA (Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam) di atas sembilan. Untuk nilai Biologi ia mengantongi nilai 9 dan Kimia 9,8.

(ind/tempo)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews