Harga Jengkol Sudah Saingi Daging Sapi

Harga Jengkol Sudah Saingi Daging Sapi

Ilustrasi jengkol. (foto: rima)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta -  Tak hanya daging sapi, harga jengkol juga mengalami lonjakan tinggi. Di Kota Sukabumi, Jawa Barat harga jengkol hampir menyaingi harga daging sapi yakni mencapai Rp100.000 setiap kilogram.

"Kenaikan harga jengkol ini disebabkan minimnya pasokan dari daerah penghasil seperti dari Penampungan, Kabupaten Sukabumi, kemudian Cianjur dan Bandung," kata Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kota Sukabumi Ayep Supriatna di Sukabumi, Selasa (18/8/2015) dilansir rimanews.

Menurut dia, harga jengkol ini naik hingga sepuluh kali lipat yang awalnya hanya Rp 10.000 hingga Rp 15.000 saat ini menjadi Rp 100.000 setiap kilogram.

Menurut dia, kenaikan harga jengkol ini tidak terlalu mempengaruhi stabilitas pasar, karena komoditi sayuran yang satu ini bukan bahan kebutuhan utama. Apalagi, warga yang mengkonsumsi jengkol hanya sebagian kecil di masyarakat. Namun demikian, ada sebagian dari masyarakat yang mengeluh dengan naiknya harga sayuran yang mempunyai bau khas tersebut.

Naiknya harga jengkol, tambahnya, tidak mempengaruhi harga sayuran yang lain, walaupun ada beberapa jenis sayuran yang harganya naik karena gagal panen di daerah pusat distribusi.

"Pasokan memang turun drastis dikarenakan musim kemarau, sehingga pohon jengkol tidak berbuah. Kenaikan harga jengkol ini baru dikeluhkan oleh sebagian warga seperti pedagang yang omset keuntungannya menurun dan pemilik warung makan," tambahnya.

Ayep mengatakan harga jengkol juga bersaing dengan harga daging sapi yang saat ini mencapai Rp 120.000 setiap kilogram.
 
(ind/rima)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews