Waspada Covid-19, Dishub Kurangi Trans Batam yang Beroperasi

Waspada Covid-19, Dishub Kurangi Trans Batam yang Beroperasi

Suasana di dalam Bus Trans Batam. (Foto: Pemko Batam)

Batam - Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam mengumumkan untuk mengurangi 40 persen operasional Bus Trans Batam selama beberapa hari ke depan. Kebijakan ini terhitung mulai 27 Maret 2020 hingga 31 Maret 2020.

Kepala Dishub Kota Batam, Rustam Efendi mengatakan, pengurangan sementara ini terkait operasional Bus Trans Batam ini dalam upaya pencegahan penularan Covid-19.

“Keputusan ini kita ambil untuk menindaklanjuti surat edaran Wali Kota Batam nomor 181 tahun 2020 tentang peningkatan kewaspadaan terhadap risiko penularan infeksi Covid-19,” ujar Rustam di Batam Centre, Kamis (26/3/2020).

Jika biasanya ada 10 armada bus yang melayani, namun kali ini hanya ada 6 armada bus saja di setiap trayek. Namun begitu tidak mengurangi jumlah trayek. “Trayeknya tetap, tidak ada dikurangi, operasional bus saja,” kata Rustam.

Kemudian terkait petugas, pihaknya akan menerapkan sistem shift kerja. Karena ada pengurangan operasional bus tadi. “Supaya tercover, kita buat sistem shift,” katanya.

Awalnya direncanakan operasional Bus Trans Batam akan dihentikan sementara waktu. Namun pada faktanya, masih ada masyarakat yang menggunakan jasa transportasi tersebut.

“Walaupun masyarakat yang beraktivitas di luar sudah banyak berkurang, tetapi masih ada juga yang menggunakan Bus Trans Batam,” ucap Rustam.

Selain itu, Dinas Perhubungan juga menghentikan sementara pelayanan pengujian kendaraan bermotor (kir). Penghentian sementara kir sudah berlangsung sejak 24 Maret lalu.

“Kebijakan ini semua kita buat untuk memutus rantai pandemi Covid-19,” kata Rustam.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews