Pasien Ketiga Positif Corona di Batam Sempat Hadiri Sejumlah Acara di Jakarta

Pasien Ketiga Positif Corona di Batam Sempat Hadiri Sejumlah Acara di Jakarta

Ilustrasi.

Batam - Seorang pria berusia 47 tahun dikonfirmasi positif Covid-19. Ini merupakan kasus ketiga positif corona di Batam.  Hasil uji Swab menujukkan ia positif. Hasil Balitbang Kemenkes keluar hari ini, Senin (23/3/2020).

Ketua Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Batam, Amsakar Achmad menuturkan pria tersebut sempat melakukan sejumlah kegiatan di Jakarta sebelumnya.

"Pasien tersebut sempat ke Jakarta pada 9 Maret 2020 lalu melakukan sejumlah kegiatan. Ia kembali ke Batam pada 12 Maret 2020," ujar Amsakar, kepada wartawan, Senin (23/3/2020) sore.

Dari tracing pihak medis, pria itu melakukan kunjungan persemian lunas pembangunan kapal di Tanjungpriok, mengunjungi salah satu perusahaan pembuatan kapal tak jauh di lokasi acara, kemudian meeting tertutup.

Ia juga melakukan kegiatan di Menara Bidakar 2 Pancoran dan menginap di Hotel Bidakara. "Pada 11 Maret juga sempat mengunjungi Kantor Ditjen Hubla Kemenhub RI untuk meeting, dan sempat mengunjungi klien di CBD kawasan pluit Jakarta hingga makan siang di pluit junction," terang Amsakar.

Sejak balik ke Batam 12 Maret lalu, ia merasakan gejala sehari setelahnya yakni 13 Maret. Gejala yang dirasakan seperti tenggorokan gatal dan kurang fit usai salat Jumat.

"Pada 14 Maret Ia sempat mengalami demam, meriang dan minum obat. Hari minggu 15 Maret kondisinya membaik dan sempat olahraga bersepeda. Esoknya 16 Maret kembali demam dan berobat ke rumah sakit di dekat tempat tinggalnya," terang Amsakar.

Tanggal 17 Maret demamnya tak kunjung reda dan akhirnya pihak rumah sakit melakukan isolasi di UGD, diagnosa dan cek laboratorium.

Pada 18 Maret kondisi pria itu tak kunjung membaik dan dibawa ke RSUD Embung Fatimah, menjalani isolasi sebagai pasien dalam pengawasan dan diambil sampel swab. "Yang bersangkutan didiagnosa gejala pneumonia akhirnya diisolasi. Hasilnya positif corona hari ini (Senin (23/3/2020)," terangnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews