Pdt Sinitiche di Batam Meninggal Terjangkit Covid-19, Sebelumnya 4 Pendeta Meninggal

Pdt Sintiche. (Foto: ist)

Batam - Pdt Sintiche Pattinaja Dethan, Ketua Majelis Jemaat GPIB Bahtera Hayat, Batam di Sagulung meninggal usai dinyatakan positif corona. Ia merupakan salah satu peserta seminar jemaat GPIB di Aston Bogor pada Februari lalu.

Sebelumnya 4 pendeta yang ikut acara di Bogor dilaporkan meninggal dunia dan beberapa orang lainnya dirawat karena terindikasi Covid-19. Bahkan Wali Kota Bogor, Bima Arya juga menghadiri acara ini sebelumnya juga sudah dinyatakan positif Covid-19.

GPIB Zebaoth Bogor angkat bicara terkait adanya jemaat GPIB meninggal usai pertemuan di Bogor pada akhir Februari lalu.

Dilansir dari beritasatu.com, Ketua Majelis Jemaat GPIB Zebaoth Bogor, Pdt Omiek Kaharudin mengatakan, pertemuan di Bogor merupakan Rapat Kerja Tahunan atau Persidangan Sinode Tahunan (PST) GPIB 2020.

PST GPIB 2020 dilaksanakan pada tanggal 26-29 Februari di Aston hotel BNR Bogor. Pertemuan tersebut dihadiri kurang lebih 600 orang utusan dari 25 Provinsi. Mereka rata-rata pendeta.

PST GPIB merupakan program tahunan GPIB dengan penanggung jawab Majelis Sinode GPIB. Untuk pelaksanaannya, Majelis Sinode membentuk dan menugaskan panitia yaitu Mupel GPIB Jabar 2.

“Peran Zebaoth Bogor hanya tempat pendaftaran saja sesuai permintaan Majelis Sinode dan setelah pendaftaran para peserta mencari tempat penginapan masing-masing dan besok paginya tanggal 26 Februari 2020 baru menuju ke Aston hotel BNR,” kata Pdt Omiek Kaharudin, Sabtu (21/3/2020).

Terkait adanya jemaat GPIB meninggal setelah mengikuti PST, Pdt Omiek mengatakan, Majelis Sinode GPIB telah memberikan penjelasan.

Laporan yang akurat dari Majelis Sinode dan dapat dipercaya, sebagai berikut:

1. Sebanyak 4 orang yang meninggal warga GPIB setelah mengikuti PST. Dari keempatnya hanya dua orang yang sempat menjalani pemeriksaan. Yang satu terkena infeksi menular. Dan yang satu lagi terindikasi covid-19.

2. Sebanyak  4 orang sedang dalam pengawasan (PDP).

3. Sebanyak 2 orang sedang dalam tahap isolasi apakah positif covid-19 dari PST belum ada penjelasan resmi.

Seperti diketahui, Wali Kota Bogor, Bima Arya juga menghadiri pertemuan jemaat GPIB di Hotel Aston Bogor sebelum dinyatakan positif Corona.

“Memang waktu itu akhir bulan, tiga minggu lalu kira-kira, saya menghadiri acara GPIB di Hotel Aston di BNR, bersama-sama Ketua MPR, ramai sekali,” kata Bima Arya, di Channel Youtube, Bang HS TV, Jumat (20/3/2020).

“Saat itu, situasinya biasa saja. Tapi kemarin saya mendengar ada empat jemaat di situ meninggal,” tambah Bima.

(fox)