Pemuda 32 Tahun di Batam Positif Covid-19 Setelah Pulang dari Paris

Pemuda 32 Tahun di Batam Positif Covid-19 Setelah Pulang dari Paris

Ilustrasi pasien. (Foto: Antara)

Batam - Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengumumkan satu kasus baru Covid-19 di Kota Batam. Sehingga total ada 2 orang positif di Batam dan total ada 4 orang di Provinsi Kepulauan Riau yang terinfeksi Covid-19.

“Pendatang ke kota batam, terkonfirmasi covid-19, dirawat di RSBP,” ujar Rudi, di Kantor Wali Kota Batam, Jumat (20/3/2020).

Pasien tersebut diketahui berjenis kelamin laki-laki (32), dan merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) dan warga di luar Kepulaun Riau. Saat ini pasien tersebut sedang menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam.

Berdasarkan hasil penulusuran, pasien ini memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri. Ia berangkat dari tempat asalnya ke Malaysia dari tanggal 25 Februari 2020-1 Maret 2020. “Selanjutnya dari Malaysia, pasien melakukan perjalanan ke Paris pada tanggal 1 Maret 2020,” kata dia.

Selama di Paris, pasien mengaku melakukan kontak dekat dengan temannya yang menderita batuk dan pilek. Lalu pada tanggal 12 Maret 2020, pasien bertolak dari Paris ke Singapura melalui pesawat.

“Dan pada tanggal 13 Maret, yang bersangkutan tiba di Bandara Changi Airport, Singapura,” kata Rudi.

Setelah itu, pasien tersebut melanjutkan perjalanan melalui pelabuhan Harbour Front, Singapura ke Kota Batam. Kemudian tiba di Sekupang pukul 18.40 WIB.

“Yang bersangkutan memakai taksi plat hitam, untuk nomor polisinya tidak tahu, dan langsung menuju apartememnya di Batam Centre,” kata Rudi.

Sepulang dari Paris, Pasien sudah mulai merasakan tidak enak badan, Ia sudah mulai sakit tenggorokan. Keesokan harinya, pasien berobat ke rumah sakit dekat apartemennya.

“Oleh dokter rumah sakit, diberi perlakuan berupa pemeriksaan radiologi dan laboratorium,” katanya.

Dari hasil tersebut, diketahui pasien sudah menunjukkan gejala Covid-19, maka dokter rumah sakit tersebut segera merujuk ke RSBP sebagai rumah sakit rujukan Covid-19.

Setelah itu, sampel swab pasien diambil dan dibawa ke Litbangkes, Jakarta.

“Hari ini hasilnya keluar, dan dinyatakan positif,” ucap Rudi.

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews