Diresmikan 28 Maret, RS Corona di Galang Langsung Terima Pasien Covid-19

Diresmikan 28 Maret, RS Corona di Galang Langsung Terima Pasien Covid-19

Pekerja menggesa pembangunan RS Corona di Pulau Galang, Batam. (Foto: Margaretha/batamnews)

Batam - Fasilitas kesehatan berupa tempat observasi dan isolasi penyakit menular termasuk penanganan pasien Covid-19 di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau akan segera beroperasi tanggal 28 Maret 2020. 

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kepulauan Riau Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Albert Reinaldo memastikan pihaknya bekerja sesuai dengan target yang telah ditentukan. 

“Harus selesai tanggal 28 Maret,” ujar Albert di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (21/3/2020). 

Saat ini proses pembangunan terus berjalan dengan 1.000 pekerja baik yang di lapangan maupun di bagian adminsitrasi. Para pekerja ini dibagi dalam tiga shift sesuai arahan dari Menteri PUPR. 

“Kerja dimulai dari jam 8 pagi sampai dengan jam 4 pagi, ada shift,” kata dia. 

Ia memperkirakan gedung bekas rumah sakit pengungsi Vietnam yang dinding dan atap secara keseluruhan diganti akan selesai 22 Maret atau 25 Maret 2020. Sedangkan gedung observasi dan ruangan isolasi selesai pada 28 Maret 2020. 

“Untuk material, semua terkirim hari ini, ada 360 bed observasi, dan 20 bed untuk ICU isolasi, saat ini fokus pembangunan tahap pertama dulu,” jelasnya. 

Kemudian terkait pembangunan incenerator, pengelolaan air limbah, dan air baku sedang dikejar. Untuk air baku, fasilitas kesehatan tersebut mengambil dari Waduk Rempang lima liter per detik. 

“Pipa air bersih sambungan sudah ada, jadi tinggal masuk ke embung eksisting, mesin pengelolanya juga sudah ada,” jelas Albert. 

Sementara itu terkait utilitas lainnya berupa listrik dan internet, Albert mengaku sudah ada. Dan bekerjasama dengan pihak terkait seperti listrik dengan Bright PLN Batam. 

“Semua utilitas jalan sudah diperkirakan dengan baik,” katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews