Siswa SMKN 1 Singkep Bikin Hand Sanitizer Ekstrak Daun Kemunting

Siswa SMKN 1 Singkep Bikin Hand Sanitizer Ekstrak Daun Kemunting

Hand sanitizer ekstrak daun kemunting yang diproduksi SMKN 1 Singkep (Foto:ist)

Lingga - Hand sanitizer saat ini banyak menjadi buruan masyarakat, akibatnya cairan pembersih tangan itu pun mulai sulit didapat. Jika pun ada dijual di pasaran, harganya sedikit lebih mahal dari biasanya.

Siswa SMKN 1 Singkep, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, pun mulai bereksperimen dengan membuat hand sanitizer ekstrak daun kemunting. Cairan ini diharapkan dapat bermanfaat untuk masyarakat banyak, terutama di tengah kelangkaan dan lonjakan harga hand sanitizer.

"Kita pilih daun kemunting karena kandungan daun kemunting ada zat antiseptiknya, kalau orang kampung luka saja tinggal ambil daunnya, lalu dikunyah dan diletakkan di bagian luka, sudah bisa kering dan sembuh," ucap Kepala SMKN 1 Singkep, Samsul Hadi kepada Batamnews, Sabtu (21/3/2020).

Kata dia, di daun kemunting tersebut juga mengandung senyawa golongan flavonoid, steroid, triterpenoid, tanin galat, kuinon dan unsur natrium, kalsium serta magnesium. Uji labor kemunting itu juga sudah dilakukan di Labor Kimia Universitas Brawijaya Malang.

Kepala SMKN 1 Singkep, Samsul Hadi (Foto:ist)

"Sebenarnya ini sudah selesai, kita tinggal uji di juri Teknologi Tepat Guna (TTG) saja, karena hand sanitizer ekstrak daun kemunting ini kita juga persiapkan untuk lomba TTG tingkat Kabupaten Lingga yang rencananya digelar April mendatang.  Pembuatan hand sanitizer ini kita ikuti prosedur WHO, cuma kita tambahkan ekstrak daun kemuntingnya," ujar Samsul.

Ia melanjutkan, hand sanitizer ekstrak daun kemunting ini rencanya juga bakal diproduksi dengan jumlah yang lebih besar. Namun, rencana itu baru dilakukan setelah di uji juri TTG yang biasanya ada dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

"Tapi sekarang kami juga sudah ada produksi, namun dengan jumlah kecil dan sudah digunakan untuk siswa kami yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)," pungkasnya.

Samsul mengaku, hand sanitizer ini beraroma jeruk lemon. Pasalnya, dalam proses pembuatan, cairan yang berbahan alkohol, triklosan dan ekstrak daun kemunting itu juga ada campuran jeruk lemon.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews