Dilarang Besuk, Tahanan Rutan Tanjungpinang Video Call ke Keluarga

Dilarang Besuk, Tahanan Rutan Tanjungpinang Video Call ke Keluarga

Seorang warga binaan Rutan Tanjungpinang melakukan panggilan video dengan keluarga (Foto: Adi/Batamnews)

Tanjungpinang - Seorang tahanan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Tanjungpinang tampak senyum-senyum saat menggelar panggilan video (video call) dengan orang-orang dicintainya pada Rabu (18/3/2020). Mereka bercakap-cakap untuk pertama kali melalui layanan video secara langsung.

Layanan itu sengaja disediakan petugas Rutan menyusul penyebaran virus corona di Kepri. Tidak saja sekolah yang diliburkan, namun layanan besuk terhadap para tahanan dan napi di Rutan Tanjungpinang juga ditiadakan.

Sebagai ganti tap muka satu-satunya dengan layanan video call. Petugas Rutan menghubungkan sejumlah perangkat komputer dengan aplikasi WhatsApp. Rutan Tanjungpinang menghentikan sementara waktu jam besuk selama 14 hari kedepan.

Kepala Seksi Pelayanan Tahanan Muhammad Setia Hadi mengatakan, mulai hari ini Rutan Tanjungpinang meniadakan jam besuk terhadap keluarga warga binaan.

"Itu sudah kebijakan dari atasan untuk antisipasi penyebaran virus Corona," kata Muhammad Setia Hadi.

Muhammad Setia Hadi menjelaskan, warga binaan di Rutan Tanjungpinang dapat menggunakan fasilitas komputer yang telah disediakan untuk berkomunikasi dengan keluarga.

"Dari jauh hari kami sudah sosialisasi ke pihak keluarga binaan, dan hari ini diberlakukan," sebutnya.

Ia menjelaskan, warga binaan diberikan waktu selama 10 menit perorangan untuk menggunakan komputer. Ia berharap kebijakan ini sangat membantu warga binaan dalam berkomunikasi dengan pihak keluarga.

"Ini berlangsung selama 14 hari kedepan, tergantung gimana kondisi daerah Tanjungpinang kedepan," ujarnya.

Ia menyebutkan, warga binaan untuk menggunakan komputer tersebut harus mendaftar dahulu dan jam operasional pukul 09.00 WIB sampai 11. 30 WIB.

"Setelah itu dilanjutkan sampai pukul 03.00 WIB, hampir sama dengan jadwal jam besuk," jelasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews