Foto Pasien Corona di Tanjungpinang Beredar, Rudi Chua: Hargai Privasi Keluarga

Foto Pasien Corona di Tanjungpinang Beredar, Rudi Chua: Hargai Privasi Keluarga

Anggota DPRD Kepri Rudi Chua.

Tanjungpinang - Foto pasien positif corona di Tanjungpinang, Kepulauan Riau beredar luas. Hal menjadi perhatian anggota DPRD Kepri, Rudi Chua. 

Rudi pun meminta kepada masyarakat agar tidak lagi menyebarluaskan foto tersebut, karena akan berdampak negatif terhadap psikis pasien dan keluarga.

"Saat ini beredar foto pasien positif corona ditengah masyarakat. Di dalam foto tersebut terlihat jelas petugas medis tengah melakukan pengecekan kesehatan kepada orang tersebut," kata Rudi Chua, Selasa (17/3/2020) malam.

Menurut Rudi dengan tersebarnya foto pasien positif corona ini, dampaknya akan dirasakan oleh keluarga dan pasien itu sendiri. 

Pasien tersebut dikhawatirkan akan semakin tertekan dan dampaknya akan semakin parah sakitnya.

Rudi juga mengharapkan agar masyarakat yang mengetahui identitas pasien agar tidak menyebarluaskan baik nama, alamat dan lainnya.

"Sekali lagi saya meminta agar masyarakat tidak menyebarkan foto tersebut. Mohon hargai privasi keluarga ini," tegas Rudi.

Politisi Hanura ini juga mengaku telah memberitahu Kepala Dinas Kesehatan Kepri, agar dilakukan penelusuran penyebaran foto tersebut.

Sebab dengan beredarnya foto tersebut, ada dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh tenaga medis ini.

"Foto yang tersebar itu foto selfi petugas medis yang tengah melakukan pengecekan kesehatan di kediaman pasien itu. Harus ada teguran jangan sampai hal ini terulang lagi," kata Rudi.

Ia juga mengaku merasa prihatin dengan kondisi para perawat medis itu. Dimana kelengkapan pengaman petugas hanya ala kadarnya dan sangat jauh dari aman terpapar virus corona.

"Petugas medis yang menangani pasien positif corona ini hanya menggunakan masker dan sarung tangan saja. Sangat jauh dari layak dan aman pemerintah harus memperhatikan ini demi keselamatan petugas medis," tutur Rudi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews