Bupati Karimun dan Peserta Rapat Bermasker Bahas Virus Corona

Bupati Karimun dan Peserta Rapat Bermasker Bahas Virus Corona

Bupati Karimun Aunur Rafiq memimpin rapat pembahasan pencegahan Covid-19 di Kabupaten Karimun. (Foto: Edo/batamnews)

Karimun - Suasana rapat pembahasan pencegahan Covid-19 di Kabupaten Karimun terlihat berbeda pada Selasa (17/3/2020). Peserta rapat bersama Kepala Daerah, FKPD, Kepala OPD, serta tim medis hampir seluruhnya mengenakan masker. 

Tak hanya peserta rapat, sejumlah jurnalis yang meliput kegiatan ini juga terlihat mengenakan masker. Langkah ini diambil untuk meminimalisir terjangkit virus Corona.

Ada beberapa hal yang dibahas dalam rapat tersebut. Seperti bagaimana cara penanganan pasien atau seorang yang dengam ciri-ciri terpapar Covid-19.

Kemudian, juga membahas mengenai ruang isolasi bagi pasien yang sedang dalam pemantauan untuk tindakan medis.

Seperti, RSUD yang kini mempunyai ruang isolasi yang dihuni beberapa orang pasien. Sementara itu, Rumah Sakit Bakti Timah (RSBT), Medic Centre, PT Saipem Karimun juga mempunyai ruang isolasi dan siap untuk digunakan jika diperlukan.

"Tentu saya sangat mengapresiasi, RSBT, Medic, dan Saipem, telah mempunyai ruangan isolasi," kata Bupati Karimun, Aunur Rafiq.

Dikatakan Rafiq, jika nantinya wabah Covid-19 melonjak, bisa saja ruangan isolasi tersebut digunakan.

Namun demikian, pemerintah daerah berencana untuk merujuk pasien ke Rumah Sakit yang telah disediakan oleh Provinsi Kepri, serta Rumah Sakit Bhayangkara Polda Kepri yang juga dikabarkan siap menjadi tempat isolasi.

"Kalau jumlahnya naik, kita akan rujuk ke Provinsi. Tapi mudah-mudah tidak ada bertambah dan semakin berkurang," ujar Rafiq.

Rafiq juga mengimbau, masyarakat Karimun jangan panik. Namun, tetap meningkatkan kewaspadaan serta menjaga pola hidup sehat.

"Jangan panik, Karimun belum ada yang dinyatakan positif. Kita pantau belum tentu itu terjangkit. Bahkan, hasil tes juga sudah ada yang dinyatakan negatif," kata Rafiq.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews