8 Objek Wisata yang Wajib Dikunjungi di Tanjungpinang

8 Objek Wisata yang Wajib Dikunjungi di Tanjungpinang

BATAMNEWS.CO.ID - Kota Tanjungpinang adalah ibukota dari provinsi Kepulauan Riau. Lokasi kota Tanjungpinang terletak di Pulau Bintan. Wilayah Tanjungpinang sebagian merupakan dataran rendah, rawa bakau, dan juga sebagiannya adalah perbukitan. Iklim di Kota ini adalah beriklim tropis dengan suhu udara 23º C – 34º C. Tempat wisata di Tanjungpinang cukup beragam dan sangat sayang kalau dilewatkan.

pulau penyengat kepri 

1. Pulau Penyengat

Pulau Penyengat adalah salah satu objek wisata berupa pulau kecil di Tanjungpinang. Dari Kota Tanjungpinang, pulau ini berjarak 2 km dan dapat ditempuh dengan menggunakan perahu motor. Di pulau Penyengat dapat dijumpai berbagai macam peninggalan bersejarah seperti makam-makam para raja, Masjid Raya Sultan Riau yang terbuat dari putih telur, benteng pertahanan di Bukit Kursi, dan juga terdapat komplek Istana Kantor.

 bintan beach resort 

2. Pantai Impian

Pantai Impian terletak di Kecamatan Tanjung pinang Barat. Pantai ini mempunyai pemandangan alam yang menghadap ke pusat Provinsi dari Kepulauan Riau. Banyak para wisatawan yang berkunjung untuk bersantai di pantai maupun wisata kuliner. Di Pantai Impian ini dapat dijumpai resor yang bernama Bintan Beach Resort Hotel dan juga sebuah rumah makan yang terkenal Bandar Pinang Seafood Resto.

 tugu pensil tanjungpinang 

3. Tugu Pensil

Tugu Pensil merupakan sebuah tugu yang dijadikan sebagai symbol pemberantasan buta huruf dan penghargaan bagi Kepulauan Riau, yang membebaskan daerahnya dari buta huruf melalui program Pemberantasan Buta Huruf (PBH) pada tahun 1960. Di sekitar tugu pensil juga terdapat taman kota yang sering dikunjungi masyarakat untuk sekedar bersantai, bermain, dan berolahraga.

vihara avalokitesvara 

4. Vihara Avalokitesvara Graha

Vihara Avalokitesvara Graha merupakan vihara Buddha yang terbesar se-Asia Tenggara yang tepatnya berada di kota Tanjungpinang. Vihara ini dijadikan sebagai tempat memperdalam ilmu agama, belajar untuk menjadi bhiksu, dan juga berguru oleh warga dari daerah lokal maupun dari luar negeri seperti Singapura, Malaysia, dan juga Tiongkok. Selain sebagai tempat ibadah, tempat ini menjadi objek wisata bagi warga asing dari Malaysia, Singapura, maupun Thailand. Di vihara ini juga dapat dijumpai patung Dewi Kuan Yin Phu Sha yang dinobatkan oleh Museum Rekor Indonesia sebagai patung Dewi Kuan Yin terbesar di dalam ruangan.

 

areca waterpark tanjungpinang

5. Areca Waterpark

Areca Waterpark merupakan salah satu waterpark di Tanjungpinang yang sangat terkenal. Banyak wahana yang disajikan di Areca Waterpark ini seperti kolam bermain anak-anak, kolam ombak, kolam arus melingkar seperti sungai, dan juga wahana lainnya. Areca Waterpark adalah salah satu tempat wisata keluarga yang nyaman dan asik untuk sekedar ingin bermain air tanpa perlu pergi ke pantai.

mal ramayana tanjunpinang

6. Mall Ramayana Tanjung Pinang

Mall Ramayana Tanjung Pinang adalah pusat perbelanjaan terbesar di Kota Tanjungpinang. Banyak dijumpai berbagai macam barang kebutuhan seperti pakaian, barang-barang kebutuhan sehari-hari, dan juga peralatan sekolah. Mall Ramayana ini selain sebagai tempat perbelanjaan, pengunjung juga dapat sekedar jalan-jalan atau wisata kuliner karena di Mall ini terdapat juga Pujasera yang menyajikan berbagai macam tempat makan.

masjid raya sultan riau tanjungpinang

7. Masjid Raya Sultan Riau

Masjid Raya Sultan Riau adalah sebuah masjid tua dan bersejarah di Indonesia. Masjid ini berada di dalam pulau Penyengat Kota Tanjungpinang. Tempat wisata di Tanjungpinang ini memiliki keunikan sendiri yaitu salah satu bahan bangunannya adalah dengan menggunakan putih telur. Masjid Raya Sultan Riau ini menjadi situs cagar budaya pemerintah Indonesia.

museum badrul alamsyah tanjungpinang

8. Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah

Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah adalah salah satu upaya Pemerintah Kota Tanjungpinang untuk memberikan ruang luas kepada seluruh masyarakat, untuk mengetahui dan mempelajari benda koleksi warisan budaya kota Tanjungpinang.

Demikianlah tempat wisata di Tanjungpinang yag mempesona dan sayang untuk Anda lewatkan dan semoga menjadi referensi tempat-tempat wisata yang akan Anda kunjungi. Tempat wisata di Tanjungpinang tidak kalah dengan kecantikan tempat-tempat wisata di kota-kota lain. Selamat berlibur !

 

Baca : 8 Objek Wisata yang Wajib Dikunjungi saat Berlibur di Batam. Dari Jembatan Barelang hingga Masjid Jabal Arafah 

 

[snw/akurat]

 
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews