Destinasi Wisata

Ini 8 Tempat yang Wajib Dikunjungi di Batam. Dari Jembatan Barelang Hingga Masjid Jabal Arafah

Ini 8 Tempat yang Wajib Dikunjungi di Batam. Dari Jembatan Barelang Hingga Masjid Jabal Arafah

Masjid Jabal Arafah Batam di Nagoya

BATAMNEWS.CO.ID - Batam adalah sebuah kota perindustrian, meski demikian pesona tempat wisata di Batam masih dapat Anda temukan dengan menjelajahi kota Batam.

Setelah Medan dan Palembang, Batam adalah sebuah kota dengan populasi penduduk terbesar ketiga di Pulau Sumatera. Karakteristik pariwisata di Batam adalah wisata kota, ini sangat didukung dengan ketersediaan infrastruktur yang lengkap di kota tersebut.

Sebagai bagian dari wilayah Provinsi Kepulauan Riau, Batam juga memiliki tempat wisata bahari yang menawan. Ini dapat Anda temukan dengan mengunjungi Pantai Nongsa atau Pantai Melur Pulau Galang, serta sejumlah pantai lainnya.

Reputasi Batam sebagai tempat berbelanja barang branded memang telah dikenal sejak lama, ini tidak tak terlepas dari sifat yang melekat padanya sebagai sebuah kawasan otorita khusus untuk perdagangan (ekonomi). Namun, sejumlah tempat wisata di Batam di bawah ini adalah destinasi wisata favorit yang dapat Anda kunjungi.

 

Berikut ini adalah tempat wisata di Batam yang populer di kalangan penikmat perjalanan.

jembatan barelang 

1. Jembatan Barelang

Barelang adalah akronim yang diambil dari nama tiga tempat, yaitu Batam, Rempang, dan Galang.

Inilah jembatan penghubung kota Batam dengan pulau-pulau lain di sekitarnya, seperti Pulau Nipah, Pulau Tonton, Pulau Rempang, Pulau Galang, dan Pulau Galang Baru.

Sejatinya, keberadaan jembatan tersebut adalah untuk menopang pertumbuhan industri yang memang dirancang di tempat-tempat tersebut.

Jembatan ini adalah ikon kota Batam. Tak ayal, mereka yang mengunjungi Batam kerap datang ke jembatang Barelang walau hanya sekedar untuk bersantai, atau yang paling sering dilakukan adalah mengambil foto dengan latar belakang sekitar jembatan.

pantai nongsa turi beach 

2. Pantai Nongsa

Pantai Nongsa adalah destinasi wisata pantai dengan panorama laut yang paling indah di Batam.

 Nongsa adalah nama sebuah kecamatan. Jika Anda ingin menikmati keindahan pantai di Batam, maka Nongsa adalah tujuan paling tepat.

Terdapat sejumlah resort hingga lapangan golf di sana.

Anda dapat menikmati wisata pantai di Batam dengan menginap di resort-resort yang ada.

pantai melur 

3. Pantai Melur Pulau Galang

Di pantai Melur Pulau Galang, Anda dapat menjumpai banyak kegiatan pantai yang menarik, di antaranya adalah berenang hingga olahraga pantai.

Permainan voli pantai dan sepakbola pantai adalah yang paling sering ditemukan di pantai ini.

Banyak orang suka untuk berolahraga di tempat wisata Batam yang satu ini. Berenang di pantai Melur Pulau Galang juga tak kalah mengasyikkan.

ocarina 

4. Mega Wisata Ocarina

Mega Wisata Ocarina adalah sebuah kawasan wisata terpadu, direncanakan akan semegah Ancol di kota Jakarta. Tersedia banyak wahana permainan di tempat wisata Batam yang satu ini, di antaranya Giant Wheel, Trampolin, Flying Fox, Sepeda Air, Water Boom, dan lain-lain.

Sebagai sebuah kawasan wisata terpadu, Anda dapat menikmati santap makanan dengan mendatangi Kampoeng Indonesia yang ada di Megawisata Ocarina.

Tersedia berbagai makanan khas Indonesia yang dapat Anda pilih.

pantai marina 

5. Pantai Marina

Inilah tempat wisata di Batam yang sangat cocok bagi Anda untuk menikmati wisata bersama keluarga dan anak-anak. Di Pantai Marina, tersedia taman hijau sebagai tempat bermain anak-anak Anda.

Karena posisinya yang menghadap ke selat Singapura, Anda dapat menyaksikan panorama gedung-gedung pencakar langit yang ada di negeri tetangga tersebut.

Salah satu yang menarik, di pantai ini Anda dapat menemukan sebuah panorama sunset yang indah, berlatar daratan Tanjung Uncang yang merupakan daerah industri galangan kapal dengan alat-alat beratnya yang menjulang tinggi. 

bukit senyum 

6. Bukit Senyum

Inilah tempat menyaksikan panorama kota Singapura tatkala malam hari. Di Bukit Senyum, Anda akan melihat kilau gemerlapnya cahaya bangunan-bangunan yang ada di Singapura.

Dengan bersantai di rerumputan atau duduk di bangku yang tersedia di sana, bercengkrama dan menyaksikan panorama kota Singapura tersebut akan menjadi hal yang mengasyikkan.

Oleh karenya, Bukit Senyum adalah salah satu tempat wisata di Batam yang sering didatangi orang.

 

camp vietnam

7. Camp Vietnam di Pulau Galang

Masyarakat di sana secara umum menyebutnya Camp Vietnam. Camp Vietnam adalah bekas camp para pengungsi asal Vietnam yang pernah tinggal di Pulau Galang dari tahun 1979 sampai 1996.

Mereka pergi keluar dari negaranya akibat konflik politik dan militer yang meluas di kawasan Indochina (Kamboja, Vietnam, dan Laos).

Di camp ini, Anda masih dapat menyaksikan sisa-sisa peninggalannya, seperti rumah sakit PMI, rumah sakit UNHCR, museum, gereja, pagoda, hingga pemakaman. Tempat wisata Batam yang satu ini terbuka untuk publik setiap hari, mulai dari pukul 7.30 pagi hingga 17.30 sore.

masjid jabal arafah 

8. Masjid Jabal Arafah

Masjid yang satu ini dibangun dengan bentuk moderen. Bangunannya tak seperti masjid pada umumnya. Masjid yang terletak di pusat kota Nagoya, Batam, Kepulauan Riau ini benar-benar nyaman dan cocok untuk wisata religi.

Baik dari segi struktur bangunan hingga desain interior di dalam membuat anda betah berlama-lama. Masjid juga dilengkapi taman dan halaman yang cukup untuk melepas penat.

Yang paling menarik, juga terdapat menara pantau yang bisa melihat setiap sudut kota Batam dengan mengunakan teropong atau teleskop.

Dari atas menara yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter itu menyajikan pemandangan yang cukup menarik. Dari sana juga bisa terlihat negera jiran Singapura.

Baca: 8 Tempat Objek Wisata yang Wajib Dikunjungi saat Berlibur di Tanjungpinang

 

[snw/initempatwisata]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews