Plt Gubernur Isdianto Berharap Indeks Keluarga Sehat di Kepri Meningkat

Plt Gubernur Isdianto Berharap Indeks Keluarga Sehat di Kepri Meningkat

Plt Gubernur Kepri, Isdianto bersilaturahmi dengan warga asal Kepri di Yogyakarta. (Foto: Ist/Batamnews)

Batam - Indeks Pembangunan Manusia di Kepri berada di peringkat 4 nasional tahun ini. Salah satu bagian dari IPM adalah kesehatan.

Saat ini Indeks Keluarga Sehat juga sedang ditakar oleh Kementerian Kesehatan RI. Plt Gubernur Isdianto berharap Kepri juga berada di peringkat utama.

"Sesuai dengan perangkingan IPM, Kepri nomor 4 berada di bawah Jakarta, Bali dan Yogyakarta," kata Isdianto saat bertemu dengan masyarakat Kepri di Jogja, Jumat (6/3/2020).

Capaian ini dikatakannya harus dipertahankan hingga ke indeks kesehatan keluarga juga, bahkan ke depan sebutnya harus lebih baik lagi.

Pemprov Kepri, kata Isdianto menjalankan program peningkatan kesehatan masyarakat dengan mempertahankan Program Dokter Keluarga.

"Sampai saat ini, Program Dokter Keluarga masih dipertahankan dan terus dilaksanakan. Para dokter ini sengaja disebar hampir di seluruh daerah di Kepri," ujarnya.

Program berorientasi pada pencegahan dan penyuluhan dengan sasaran intervensi pada individu dan keluarga sehat.

Para dokter ini juga melakukan pelayanan dengan mendatangi keluarga, sehingga pasien tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi. "Tujuannya adalah yang sehat agar tetap sehat dan yang sakit akan dilakukan penanganan atau diobati dengan baik,” kata Isdianto.

Kementerian Kesehatan menurutnya kian gencar mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). "Kampanye itu, misalnya dalam upaya meminimalisir sebaran virus corona yang mulai tiba di Indonesia," harapnya.

Kampanye itu antara lain dengan menganjurkan makan makanan bergizi seimbang, rajin berolahraga dan istirahat cukup. Selain itu, menjaga kebersihan lingkungan, mencuci tangan dan banyak lagi.

“Semakin banyak masyarakat yang menjalani hidup sehat, semakin baik persoalan kesehatan masyarakat itu. Karena itu, pola hidup sehat ini harus kita kampanyekan dan kita jalani," ujarnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews