Waspada Corona, Begini Pengecekan Penumpang di Pelabuhan Internasional Batam Center

Waspada Corona, Begini Pengecekan Penumpang di Pelabuhan Internasional Batam Center

Sejumlah orang saat mengisi health alert card di depan pintu kedatangan Pelabuhan Batam Centre. (Foto: Margaretha/Batamnews)

Batam - Petugas di pintu kedatangan Pelabuhan Internasional Batam Center memperketat proses screening setiap penumpang yang baru tiba, Selasa (3/3/2020).

Penumpang terlebih dahulu mengisi health alert card (HAC) sebelum ke luar pelabuhan.

Penumpang kapal yang baru tiba, Erma Rita menuturkan pemeriksaan ini lebih ketat dari biasanya. "Sekarang ini harus mengisi kartu HAC," ujar Erma saat tiba di Pelabuhan Internasional Batam Centre, Selasa (3/3/2020) siang.  

Erma yang mengaku tinggal dan bekerja di Singapura menuturkan, jika di Singapura belum ada kebijakan dari pemerintah setempat mengisi health alert card tersebut seperti di pelabuhan Batam.

"Kalau masuk lewat pelabuhan mereka (singapura), kami gak harus mengisi kartu ini, tapi kalau lewat bandara saya kurang tahu," kata dia.

Selain mengisi health alert card, setiap penumpang kapal yang masuk akan melewati proses screening secara satu per satu, tidak lagi berkelompok.

Petugas keamanan hanya memperbolehkan satu orang saja untuk discreening menggunakan thermal scanner. Setelah diketahui suhu tubuh seseorang tersebut, maka dilanjutkan ke yang lainnya secara berurutan.

Langkah ini dinilai efektif, karena dapat menghindari kemungkinan sistem yang error saat proses screening tersebut.

Diceritakan Erma, di Singapura pengecekan suhu tubuh juga tidak hanya ada di dekat pintu masuk, namun petugas juga dilengkapi alat khusus.

"Jadi mungkin dua kali pengecekan, untuk menyakinkan saja apabila ada warga negara lain yang sedang datang," kata Erma.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews