Rian Ernest Beberkan Perjuangannya Lolos Jalur Independen

Rian Ernest Beberkan Perjuangannya Lolos Jalur Independen

Bapaslon jalur independen Pilkada Batam 2020, Rian Ernest dan Yusiana Gurusinga bersyukur lolos verifikasi KPU. (Foto: Batamnews)

Batam - Bapaslon jalur independen Pilkada Batam 2020, Rian Ernest dan Yusiana Gurusinga bersyukur lolos verifikasi KPU. Mereka juga berterimakasih kepada semua pihak karena dinyatakan lolos dalam mengumpulkan syarat dukungan. Ada 48.919 dukungan yang telah diterima KPU Batam.

Rian mengatakan, keberhasilan mereka untuk memenuhi syarat dukungan ini tidak lepas dari kerjasama tim yang solid.

“Pada dasarnya ini semua berkat tim, tim saya begitu kerja keras,” ujar Rian kepada wartawan di Batam Centre, Selasa (25/2/2020).

Ia mengakui, maju dari jalur independen pastinya tidak mudah. Keberhasilan ini diakuinya karena kerja gotong royong.

Rian menceritakan perjuangannya untuk maju dari jalu independen ini.

Dimulai pada Sabtu (22/2/2020) pagi pihaknya menyerahkan berkas dukungan ke KPU Batam. Kemudian berkas itu diperiksa hingga pukul 04.00 WIB. “Namun ternyata sempat tidak sesuai syarat teknisnya,” ujarnya

Syarat teknis itu kata Rian berupa e-KTP yang ternyata tidak memenuhi syarat. Karena ada beberapa dukungan yang diberikan kepasa mereka berupa KTP Siak. “Ada sekian ribu KTP lama (Siak) yang dicoret, itu salah satu faktor besar,” sebut dia.

Masih tentang KTP, banyak dukungan yang tidak memenuhi syarat karena surat keterangan (Suket) tentang pengurusan e-KTP dikeluarkan oleh pihak kecamatan.

Dan tentu hal itu menyalahi aturan karena suket seharusnya dikeluarkan pihak Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil).

“Akhirnya pada pemeriksaan dini hari itu, ada kekurangan dukungan, sekitar 700 dukungan lagi,” ujarnya.

Sempat tersiar kabar jika Bapaslon ini kekurangan dukungan hingga 6.000 KTP

Dia meluruskan, data yang beredar di mana disebutkan, berkas dukungan saat diperiksa KPU Batam yang memenuhi syarat hanya berjumlah 42.109 tidak benar.

“Yang kekurangan 6 ribu tidak benar, mungkin ada kesalahan saja. Tetapi yang jelas kami hanya kurang 700-an saja,” jelasnya.

Karena masih ada waktu sampai batas pengumpulan, pihaknya mulai lihat pengarsipan mereka. Dan ternyata ada cadangan dukungan. “Itu merupakan taktik strategis kami,” sebutnya.

Dengan waktu yang cukup singkat itu, timnya kemudian mulai melakukan penginputan data ke sistem informasi pencalonan (silon). Tepat pukul 23.45 WIB berkas dukungan Rian dan Yusiana dinyatakan memenuhi syarat.

“Kurang dari 15 menit, berkas kami akhirnya diumumkan memenuhi syarat, kami bisa memasukkan data dukungan sebanyak 806,” kata Rian.

Rian menuturkan, pengorbanan mereka untuk membawa perubahan terhadap Batam cukup terbayarkan. Walaupun masih ada tahapan lain berupa verfikasi data dan faktual.

“Selama dua minggu terakhir ini, tim kami hanya tidur dua jam saja, tapi kami optimis, akhirnya kami berhasil jadi bapaslon yang maju dari jalur independen,” ujarnya.

(ret)