Gempa Magnitudo 4,9 Guncang Tasikmalaya, Tak Berpotensi Tsunami

Gempa Magnitudo 4,9 Guncang Tasikmalaya, Tak Berpotensi Tsunami

Ilustrasi

Tasikmalaya - Gempa bumi berkekuatan 4,9 magnitudo mengguncang Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, jumat (21/2/2020) pagi. Berdasarkan data BMKG, Pusat gempa berada di Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya berlokasi di laut dengan jarak 112 kilometer di kedalaman 11 Km.

"Episenter terletak pada koordinat 8,17 LS dan 107,50 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 112 km Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat pada kedalaman 11 km," tulis rilis BMKG.

Gempa bumi ini dirasakan masyarakat di Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Sukabumi hingga Pangandaran. Gempa dipastikan tidak berpotensi Tsunami. Hingga pukul 08.21 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tasikmalaya, memastikan belum menerima laporan kerusakan akibat gempa ini. Petugas masih menelusuri dan menunggu informasi dari masyarakat.

"Alhamdulillah sampai pukul 09.30. WIB, belum ada laporan kerusakan akibat gempa ini" Ujar Irwan, Kabid kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tasikmalaya, seperti dilansir dari detik.com.

BPBD meminta agar masyarakat tidak panik serta jangan mempercayai informasi hoaks.

"Masyarakat harap tenang, jangan percaya informasi hoax. Klarifikasi pada kami kalau ada info terkait gempa ini" tambah Irwan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews