Menebak Kemarahan Menteri Tjahjo Kumolo soal Hotel Radisson Penipu

Menebak Kemarahan Menteri Tjahjo Kumolo soal Hotel Radisson Penipu

Tjahjo Kumolo (Foto: Ist)

Batam - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo belum menyingkap apa yang membuatnya begitu kecewa terhadap pelayanan di Radisson Golf & Convetion Centre, Batam, Kepri.

Tjahjo menilai pelayanan hotel milik anak perusahaan PT Bangun Cipta Kontraktor itu meski berstatus bintang empat tapi masih jauh di bawah standar.

Sejauh ini belum terungkap apa yang membuat mantan Menteri Dalam Negeri tersebut berang. Ada kemungkinan soal pelayanan seorang menteri yang tak sesuai standar. 

"Humas sendiri belum diberitahu latar belakang masalah sehingga Pak MenPAN mengeluarkan statement demikian. Jadi terkait hal tersebut belum ada yang bisa kami konfirmasi," kata staf Humas KemenPAN-RB Robi Zam Zam kepada Batamnews, Senin (10/2/2020) malam.

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo menyebut Hotel Radisson Batam penipu. Hal ini disampaikannya dalam pidato saat kegiatan Penyerahan hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2019 di aula hotel.

Pada saat itu hadir ratusan pejabat dari seluruh Indonesia, mulai dari Wali Kota, Bupati, dan pejabat lainnya.

"Mohon beri waktu sampai kami mendapatkan jawaban informasi yang valid," tegasnya.

Keluhan terhadap pelayanan hotel ini memang sering terjadi. Sejumlah pengusaha Batam juga mengatakan, pelayanan di hotel tersebut cukup buruk. Termasuk penggunaan fasilitas.

Tentang Radisson

Radisson Hotel Batam ini telah berdiri sejak tahun 2016. Memiliki sekitar 200 kamar plus 33 kamar apartemen. Hotel ini memiliki 14 lantai. 

Memiliki sejumlah fasilitas standar serta ruangan meeting dengan kapasitas 1.200 orang. 

Di ruangan ini Tjahjo Kumolo marah besar dan mengatakan Hotel Radisson adalah penipu.

Selain itu, secara luas, Radisson Hotel adalah sebuah perusahaan hotel internasional besar dengan lebih dari 420 lokasi di 73 negara. Hotel ini pertama dibangun pada tahun 1909 di Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat. Nama Radisson berasal dari seorang penjelajah Perancis abad ke-17 yang bernama Pierre-Esprit Radisson. Radisson Hotel, yang didirikan oleh ahli waris Edna Dickinson, dibuka pada 15 Desember 1909 di 41 South Seventh Street di Minneapolis. 

Mayoritas hotel Raddison berada di Amerika Serikat. Hotel ini dibeli pada tahun 1962 oleh Curt Carlson dan masih di bawah induk organisasi Carlson hingga kini. Carlson sendiri terletak di Minneapolis, Minnesota.

Hotel ini  juga memiliki merek Radisson Blu untuk brand hotel di luar Amerika Serikat. Hotel-hotel Radisson Blu didirikan di Eropa Afrika, dan Asia. Radisson Blu mengoperasikan 158b hotel dengan 42 proyek dalam pembangunan. 

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews