Pilkada 2020: Bawaslu Lingga Buka Rekrutmen Panwaslu Kelurahan dan Desa

Pilkada 2020: Bawaslu Lingga Buka Rekrutmen Panwaslu Kelurahan dan Desa

Ketua Bawaslu Lingga, Zamroni (Foto:Ruzi/Batamnews)

Lingga - Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati Lingga tahun 2020, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terus melakukan berbagai persiapan. Diantaranya yakni melakukan rekrutmen Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kelurahan dan desa.

"Kami akan melakukan rekrutmen panwaslu kelurahan/desa mulai tanggal 10 Februari ini. Setiap kelurahan/desa dibutuhkan 1 orang pengawas Pilkada 2020, jadi total yang dibutuhkan semuanya yakni 82 orang untuk se-kabupaten," ucap Ketua Bawaslu Lingga, Zamroni kepada Batamnews, Senin (10/2/2020).

Ia pun mempersilahkan bagi masyarakat Lingga yang ingin bepartisipasi dalam pengawasan Pilkada Lingga 2020 untuk mendaftarkan diri di kantor panwaslu kecamatan masing-masing. Ditargetkan panwaslu kelurahan/desa sudah terbentuk dan dilantik pada 13 Maret 2020 mendatang.

"Nanti kalau untuk syarat-syarat yang belum jelas bisa langsung ditanyakan di panwaslu kecamatan," sebutnya.

Zamroni menjelaskan, tugas panwaslu kelurahan/desa diantaranya yakni mengawasi tahapan di tingkat kelurahan/desa. Seperti pelaksanaan pemutakhiran data pemilih berdasarkan data kependudukan dan penetapan daftar pemilih sementara, daftar pemilih hasil perbaikan, dan daftar pemilih tetap.

Kemudian memantau pelaksanaan kampanye, perlengkapan pemilihan dan pendistribusiannya, pelaksanaan pemungutan suara dan proses penghitungan suara di setiap TPS, pengumuman hasil penghitungan suara di setiap TPS, serta memantau pengumuman hasil penghitungan suara dari TPS yang ditempelkan di sekretariat PPS.

"Selanjutnya panwaslu kelurahan/desa ini juga bertugas untuk memantau penyampaian surat suara dari TPS sampai ke PPK dan pelaksanaan penghitungan. Nanti mereka akan berkoordinasi dengan panwaslu kecamatan," pungkas Zamroni.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews