Corona Bikin Pariwisata Kepri Merana

Corona Bikin Pariwisata Kepri Merana

Aktivitas penyeberangan antar negara di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang berkurang. (Foto. Dok batamnews/Ilustrasi)

Tanjungpinang - Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menyatakan merebaknya virus Corona di China berdampak terhadap turunnya jumlah wisatawan mancanegara (wisman). Jumlah wisatawan menurun terutama yang berasal dari negara tersebut.

"Kunjungan wisman, terutama dari China ke wilayah itu sejak Januari 2020 sampai sekarang berkurang akibat permasalahan virus Corona," kata Kepala Dispar Kepri Buralimar, di Tanjung Pinang, Sabtu (8/2/2020).

Ia mengatakan kunjungan wisman berkurang disebabkan wisatawan asal China tidak diperbolehkan masuk ke Indonesia, baik secara langsung maupun tidak langsung. Wisatawan asal China yang berkunjung ke Kepri melalui dua cara yakni melalui Singapura atau langsung dari China menuju Batam menggunakan pesawat sewa.

Menurut Buralimar, turis asal China cukup banyak berkunjung ke Kepri tiap bulannya. "Untuk data kunjungan wisman Januari 2020 sampai sekarang, kami belum dapat. Namun pengusaha perhotelan dan restoran mengeluhkan persoalan itu, karena tidak ada lagi wisatawan asal China," katanya.

Buralimar optimistis permasalahan ini akan berakhir dalam waktu dekat. "Kami yakin dalam waktu dekat, wisatawan asal China sudah diperbolehkan masuk ke Kepri setelah kondisi aman," katanya.

Berdasarkan data dari BPS Kepri, jumlah wisatawan asal China ke Kepri pada Januari-Desember 2019 sebanyak 286 ribu orang. Wisatawan asal China menempati urutan ketiga yang terbanyak berkunjung ke Kepri.

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews