5 Cara Ampuh Usir Stres Kurang dari 20 Menit

5 Cara Ampuh Usir Stres Kurang dari 20 Menit

Ilustrasi

Jakarta - Sebuah penelitian dari Mental Health Foundation (MHF) menemukan generasi milenial lebih stres dibandingkan kelompok usia lain yang lebih tua seperti generasi X.

Studi itu menyebut sebanyak 28 persen generasi milenial yang berada dalam rentang usia antara 18 hingga 38 tahun merasa lebih tertekan dibandingkan rekan kerja yang lain. Sementara pada Gen-X yang berusia antara 53 hingga 71 tahun, stres hanya dirasakan oleh sekitar 12 persen saja.

Berikut cara yang disebut bisa menghilangkan stres kurang dari 20 menit, dikutip dari Health:

1. Atur napas

Jika tidak punya waktu cukup banyak, dan ingin segera menghilangkan stres, cukup dengan atur napas. Cobalah untuk tarik napas yang dalam, tahan selama 4 detik, lalu keluarkan secara perlahan.

2. Makan sedikit cokelat

Cokelat memang dikenal ampuh untuk mengurangi hormon stres. Tak ada salahnya untuk makan sedikit cokelat, demi mengusir rasa stresmu. Memakan sedikit cokelat tak menyita waktu lebih dari 2 menit.

3. Menggambar

Sering menemukan buku gambar di toko buku? Tak ada salahnya untuk mencoba membeli satu buku gambar. Tanpa kamu sadari, kegiatan menggambar dan mewarnai bisa mengalihkan pikiranmu yang sedang stres, lakukan minimal selama 10 menit.

4. Konsumsi teh

Saat dilanda rasa stres, coba seduh teh hijau, hitam, atau chamomile yang dipercaya bisa menghilangkan stres. Aktivitas ini tak akan menyita waktumu lebih dari 10 menit.

5. Cari udara segar

Cari udara segar dengan jalan-jalan keluar minimal selama 18 menit. Hal ini dipercaya bisa meningkatkan kadar norepinefrin, yang membantu otak mengatasi stres. Melakukan aktivitas ringan di luar ruangan juga terbukti meningkatkan mood dan energi.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews