5 Sarapan Terbaik untuk Diet Sehat

5 Sarapan Terbaik untuk Diet Sehat

Ilustrasi

Jakarta - Lupakan donat, makanan cepat saji, atau makanan berat lainnya untuk sarapan. Mulai sekarang mulailah hari Anda dengan sarapan yang lebih sehat. 

Memulai hari dengan sarapan sehat bisa membantu Anda memiliki energi lebih, mengurangi porsi makan berlebih, dan menurunkan berat badan. Dalam daftar makanan diet, sarapan juga termasuk dalam hitungan waktu makan. 

Penelitian menyebutkan bahwa orang-orang yang sarapan cenderung lebih langsing dan lebih mudah menurunkan berat badan dibanding yang tak sarapan. 

Mengutip Eating Well, sarapan yang sehat harus seimbang dan memiliki protein, karbohidrat kompleks, serat, dan lemak sehat.

Berikut beberapa sarapan sehat yang bisa membantu menurunkan berat badan:

1. Raspberri

Satu cup raspberri akan mengandung 8 gram serat. Serat dikenal penting untuk membantu menurunkan berat badan. 
Penelitian yang dimuat dalam Journal of Nutrition menyarankan untuk makan lebih banyak serat untuk membantu menurunkan berat badan. 

Studi yang dilakukan selama dua tahun menyebutkan bahwa dengan mengonsumsi 8 gram serat untuk tiap 1.000 kalori akan membantu menurunkan sekitar 2 kg berat badan. 

2. Oatmeal

Sudah lama diketahui bahwa oatmeal memang diklaim bisa membantu menurunkan berat badan. Ada dua alasan mengapa hal tersebut terjadi. Pertama karena mengandung serat tinggi dan bisa menjaga Anda kenyang lebih lama. 

Yang kedua, sarapan dengan karbohidrat yang lebih lama dilepaskan seperti oatmeal sebelum olahraga akan membantu membakar lemak lebih banyak. 

3. Yogurt

Menurut penelitian yang dipublikasikan di New England Journal of Medicine, yogurt adalah salah satu dari lima makanan yang bisa membantu program penurunan berat badan. 

4. Selain kacang

Menurut Harvard, kacang adalah satu dari 5 makanan yang membantu penurunan berat badan. Hal ini kemungkinan disebabkan karena selain kacang dan jenis kacang-kacangan mengandung lemak sehat, serat, dan protein. 

5. Telur

Satu telur ukuran besar mengandung 6 gram protein dan 70 kalori. Telur bisa membantu menurunkan berat badan karena mengandung protein tinggi. Dibandingkan dengan karbohidrat dan lemak, protein akan membuat Anda kenyang lebih lama.

(*)