Ini Lokasi Pelayanan Kesehatan RSA dr Lie Dharmawan di Kabupaten Lingga

Ini Lokasi Pelayanan Kesehatan RSA dr Lie Dharmawan di Kabupaten Lingga

Kabid Pelayanan Kesehatan dan SDK drg Siti Nafiah, Kapus Senayang, Kasi Pelayanan di DKPPKB Lingg, Kapolsek dan Pelaksana Harian Kantor UPP Senayang bersama perwakilan Yayasan Doctor Share (Foto:ist)

Lingga - Rumah Sakit Apung (RSA) dr Lie Dharmawan akan membuka pelayanan kesehatan di Kabupaten Lingga, Kepualauan Riau. Rencananya, kegiatan tersebut akan dilaksanakan Maret 2020 mendatang.

Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Lingga bersama perwakilan Yayasan Dokter Peduli atau lebih dikenal dengan Doctor Share di bawah pimpinan dr Lie Dharmawan ini mulai melakukan survei lokasi pelayanan kesehatan kemanusian tersebut.

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan dan SDK di DKPPKB Lingga, drg Siti Nafiah mengatakan, saat ini tim Yayasan Doctor Share didampingi perwakilan dari DKPPKB mengunjungi perairan di wilayah Kecamatan Senayang dan Puskesmas senayang.

"Kegiatan ini murni bertujuan untuk mendekatkan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang terisolir, terpencil dan tertinggal seperti saudara-saudara kita warga suku laut. Kami melakukan survei tempat di Puskesmas Senayang bertujuan untuk melakukan perawatan post operasi dari kegiatan kemanusiaan Yayasan Doctor Share ini," kata dia kepada Batamnews, Rabu (5/2/2020).

Kabid Pelayanan Kesehatan dan SDK, drg Siti Nafiah dan Kapus Senayang saat memperlihatkan kondisi PKM Senayang kepada perwakilan Yayasan Doctor Share (Foto:ist)

Wanita yang akrab disapa Utit ini menjelaskan, adapun pelayanan yang akan diberikan RSA nanti berupa pengobatan umum untuk 300 orang. Kemudian pelayanan bedah umum dari operasi mayor dan minor, yang per harinya bisa melaksanakan 30 operasi mayor dan 50 operasi minor.

"Selanjutnya nanti juga akan ada pelayanan kegawatdaruratan kebidanan, pelayanan gigi, laboratorium, bahkan transfer knowledge untuk tenaga kesehatan tempatan," ujarnya.

Lanjutnya, untuk teknis kegiatan akan dilakukan di dua lokasi yakni di Kecamatan Senayang dan Kecamatan Katang Bidare. Di Senayang sendiri, nantinya kapal akan bersandar pada Pelabuhan Senayang, sedangkan di Katang Bidare yakni di Pelabuhan Benan.

"Kami mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Lingga yang membutuhkan pelayanan kesehatan yang disedikan oleh Yayasan Doctor Share untuk hadir pada saat pelaksanaan kegiatan nanti yang akan diselenggarakan pada minggu pertama atau kedua bulan Maret nanti," sebutnya.

Untuk lama pelaksanaan pelayanan kesehatan tersebut, khusus di Kecamatan Senayang akan dilakukan selama 5 hari. Begitu juga di Kecamatan Katang Bidare. "Maka kami mengajak masyarakat untuk mendatangi lokasi selama pelaksanaan. Pelayanan kesehatan ini juga gratis," pungkas Utit.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews